Australia Kembangkan Perangkap Lalat Buah Baru

Bloginformasi.com-Sebuah perangkap lalat buah baru yang dikembangkan oleh para peneliti Universitas Griffith Australia, telah memberikan harapan pada petani Queensland dalam memerangi serangga yang menghancurkan tanaman. Teknologi baru bermerek Fruition tersebut diluncurkan di Universitas Griffith Australia dan digambarkan sebagai langkah besar dalam memerangi masalah serangga pada tanaman.



Profesor Lingkungan Griffith Dick Drew, yang mengembangkan perangkap lalat Fruition itu mengatakan, perangkap Fruition dirancang khusus untuk menarik lalat buah betina perusak tanaman.  Idenya lahir setelah mengembangkan teknologi perangkap hampir 50 tahun dengan meneliti lalat buah. “Penemuan perangkap baru ini bisa lebih efektif melindungi tanaman para petani,” kata Drew.


Drew mengatakan,  alat ini berupa perangkap berbentuk seperti kubah atau bola dan mengandung elemen cobalt biru untuk menarik perhatian lalat buah. Selain itu, perangkap ini juga mengandung berbagai bahan kimia tertentu. Setelah menarik perhatian lalat buah, Fruition yang memiliki permukaan lengket akan menjebak serangga dan mencegahnya menghancurkan tanaman. Setelah meneliti lalat buah selama beberapa dekade Drew mengatakan,  peluncuran perangkap baru itu benar-benar memuaskan. “Kami sekarang memiliki jawaban yang benar-benar memuaskan tentang masalah lalat buah untuk mengurangi  penggunaan semprotan insektisida,” pungkasnya. (Antara)

Click to comment