Apa Itu Beras Instan?

Beras instan adalah beras giling yang dihasilkan melalui beberapa tahapan proses. Langkah pertama, menurunkan kadar air beras giling bahan baku menjadi 15%, kemudian didinginkan selama satu malam. Lantas beras yang telah didinginkan tersebut dipanaskan pada suhu 200 – 250o C agar beras menjadi putih mengapur layaknya beras ketan.

pengertian-beras-instan


Langkah terakhir beras dikeringkan dengan cara diangin-anginkan sebelum diputihkan (whitening) melalui proses penyosohan. Proses pengolahan beras instan terutama bertujuan untuk memperoleh struktur berpori-pori untuk mempermudah rehidrasi. Dengan demikian kemampuan penetrasi air mendidih yang diberikan pada beras menjadi lebih cepat sehingga penyiapan kembali menjadi nasi berlangsung dalam waktu pendek.

Perbedaan kadar air, waktu dan suhu pengolahan, kondisi pengeringan, serta tahap proses yang lain dapat menghasilkan tipe beras instan yang berbeda. Beras instan adalah beras yang secara cepat dan mudah diubah menjadi nasi, lebih tahan terhadap gangguan jasad renik dan serangga, serta memiliki butiran beras yang keropos dan kondisi strukturnya terbuka. Produk akhir yang dihasilkan akan bersifat kering, berbutir-butir, tidak menggumpal dan mempunyai volume kira-kira 1,5 – 3 kali dari volume beras awal yang digunakan. Beras instan yang dihasilkan diharapkan dapat siap dihidangkan dalam waktu 5 – 15 menit setelah ditambah dengan air mendidih. Mau mencoba nikmatnya beras instan?

Click to comment