Prediksi Penemuan Teknologi Ramah Lingkungan Yang Akan Berkembang Di Masa Depan - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Prediksi Penemuan Teknologi Ramah Lingkungan Yang Akan Berkembang Di Masa Depan

Berbicara tentang teknologi mungkin tidak akan pernah ada habisnya, seiring dengan perkembangan zaman munculah berbagai inovasi – inovasi ramah lingkungan. untuk menjaga bumi yang lebih sehat demi kelangsungan generasi di masa mendatang mendorong pelaku industri menciptakan dan mempergunakan teknologi baru berikut merupakan prediksi tentang teknologi ramah lingkungan di masa mendatang.

1. Air minum ramah lingkungan.
Air minum ini datang dari london. Sekelompok insinyur dari Skipping Rocks laboratorimum berhasil mengembangkan kemasan air minum yang ramah lingkungan  kemasan itu diberi nama air minum  the ooho  dikemas menyerupai gelembung seukuran mulut dan terbuat dari bahan ganggang (algae) itu sebabnya air minum the ooho bisa dimakan dan bersifat mudah terurai melalui proses biologi. Inovasi ini dapat mengurangi limbah - limbah plastik yang dapat mencemari lingkungan.

Air minum ramah lingkungan

Dengan adanya air minum the ooho ini kita tidak perlu bingung lagi membuang sampah botol minuman yang kita minum. Biasanya kita lihat disekeliling kita begitu banyak botol plastik bekas minuman yang kita minum berserakan, dan banyak masyarakat memanfaatkan botol bekas tersebut di daur ulang untuk di proses menjadi botol minum. Sementara dengan di daur ulang untuk dijadikan botol minum lagi kita tidak tau apakah botol tersebut masih higinis atau masih menyimpan bakteri. Jadi dengan adanya minuman the ooho ini kita bebas dari bakteri. Kita tinggal menunggu air minum ini segera dipasaran.

2. Bio plastik
Plastik limbah utama sangat merajalala berbagai upaya yang dilakukan pemerintah untuk menanggulangi limbah plastik. Namun kini ada ide inovasi terbaru untuk mengurangi limbah plastik, telah diciptakan inovasi terbaru plastik ramah lingkungan yang bisa dimakan dan diberi nama Bio Plastik.

Bio plastik

Bahan utama yang digunakan dalam Bio Plastik ini adalah mengunakan singkong, kelebihan dari Bio plastik ini dapat larut dalam air dan hancur dalam sembilan puluh hari didalam tanah dan dapat digunakan menjadi kompos (pupuk). Ide ini diciptakan oleh Kevin Kumala pemuda asal bali, dengan eco-plastik buatanya kini dipakai diseluruh dunia.

Kelebihan dari produk inovasi buatan kevin, kantong plastik yang dibuat tidak hanya ramah lingkungan melaikan tapi juga bisa dikonsumsi karena bahan yang digunakan untuk membuat plastik terbuat dari akar singkong/ubi, pati.

 Produk kevin pun sudah mendapat sertifikasi dari institut pertanian Bogor (IPB) dan Badan pengkajian dan penerapan Teknologi. Prestasinya makin lengkap setelah mendapat pengakuan dari Oral Texity Test. Sungguh menakjupkan karya anak bangsa, dengan adanya ide dari kevin ini membuat indonesia bangga akan karya anak bangsa yang perduli akan lingkungan.

3. Meningkatkan Sistem Panas Bumi (Enhanced Geothermal Systems / EGS)
Maksud dibuatnya sistem ini adalah untuk memanfaatkan panas alami yang dihasilkan oleh bumi agar bisa dimanfaat untuk menghasilkan sumber listrik. Panas yang berasal dari dalam bumi dihasilkan dari reaksi keseluruhan unsur-unsur radioaktif seperti uranium dan potassium. Sistem reaksi nuklir yang ada saat ini prosesnya sama dengan yang terjadi di matahari dan juga bintang-bintang yang tersebar di jagad raya. Reaksi ini menghasilkan panas hingga jutaan derajat celcius. Namun setelah melewati masa milyaran tahun, temperatur bumi terus menurun dan saat ini sisa-sisa reaksi nuklir tersebut hanya terdapat dibagian inti bumi saja. Jika dilihat dan ditinjau ke kedalaman sejauh 10.000 meter ke bawah bumi sampai dengan jarak 33.000 kaki, energi panas yang dalam lapisan bumi bisa menghasilkan hingga 50.000 kali dari jumlah energi seluruh cadangan minyak bumi dan gas alam yang masih ada tersimpan di dunia ini. Inilah yang menjadi sumber energi panas bumi.

Meningkatkan Sistem Panas Bumi

Pemanfaatan panas bumi sebagai tenaga penggerak turbin untuk menghasilkan listrik bisa disebut dengan sistem EGS atau Enhanced Geothermal System. Pilot project ini dilakukan di negara Australia lebih tepatnya disebut dengan project Basin. Dimana dalam project ini melakukan kapasitas pengeboran hingga ke sudut 250 ° C sampai dengan empat kilometer dibawah tanah. Dari pengeboran ini bisa dihasilkan energi listrik selama 24 Jam sehari setelah panas tersebut diolah sedimikian rupa melalui pusat tenaga pembangkit listrik menggunakan energi panas bumi. Hal ini lebih baik dan lebih ekonomis daripada harus mendirikan pembangkit tenaga listrik menggunakan bahan bakar batubara.

Lingkungan merupakan tempat kita untuk bersosialisali, lingkungan yang bersih terciptanya kehidupan yang sehat. Bila lingkungan kotor banyak sampah berserakan, banyak polusi dapat menghasilkan ruang lingkup penyakit dan terciptanya kekumuhan di berbagai tempat, maka dari itu ayo ciptakan lingkungan yang sehat dengan menciptakan beberapa inovasi yang dapat membantu mengurangi pencemaran lingkungan.
Tag : Tekhnologi
0 Komentar untuk "Prediksi Penemuan Teknologi Ramah Lingkungan Yang Akan Berkembang Di Masa Depan"


Back To Top