Kenali penularan dan pencegahan kanker serviks lebih dini sebelum terlambat - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Kenali penularan dan pencegahan kanker serviks lebih dini sebelum terlambat

Kenali penularan dan pencegahan kanker serviks
Seperti yang diketahui penyakit kangker serviks atau bisa disebut dengan penyakit kanker mulut rahim adalah penyakit kanker yang terjadi karena adanya sel daging tumbuh  di mulut rahim alias servik secara tidak norm, berkembang biak dengan tidak terkendali dan akhirnya mengakibatkan tumor pada serviks yang mengakibatkan terjadinya kangker.


Sayangnya banyak wanita Indonesia yang belum menyadari jika kanker ini sebetulnya dapat dicegah dengan melakukan pemeriksaan organ reproduksi, serta dapat memberi vaksin untuk mencegah tekena kanker serviks. Pemberian vaksin sendiri bisa diberikan pada wanita mulai usia 10 tahun dan sangat  efektif pada usia 10-55 tahun.

ciri gejala kanker serviks

Di negara Indonesia penyakit kanker serviks atau penyakit kanker mulut rahim masih sulit di deteksi mulai sejak dini. Hal ini biasanya terjadi karena kurangnya pengetahuan masyarakat, pendidikan dan penyuluhan mengenai kanker serviks masih sangat jarang dilakukan oleh pihak terkait.

Yayasan kanker indonesia atau YKI pernah mencatat bahwa penyakit kanker serviks merupakan penyakit pembunuh nomer satu pada wanita Indonesia. Dan menurut Data yang didapat dari WHO menunjukan bahwa Indonesia terutama wanitnya merupakan negara tertinggi penderita penyakit kanker serviks.

Tidak ada yang tau pasti sampai seberapa seorang penderita kanker serviks bisa bertahan hidup. Semua itu tergantung dari orang tersebut menderita kanker masuk dalam kategori  setadium berapa. makin tinggi makin kecil angka kehidupanya.


urutan stadium kanker serviks


STADIUM KANKER SERVIKS
KETERANGAN
1
Pada stadium awal sel kanker hanya sebatas serviks, dan pada fase ini mulai terlihat ada kelainan pada sel. Proses penanganan dengan melakukan tindakan operasi kecil pada sel kanker.
2
Pada stadium ke 2 sel kanker serviks sudah menjalar ke bagian intim kewanitaan, pada jaringan ikat paraservikal mengalami gangguan, namun sel kanker tidak sampai merambat dan  mencapai dinding panggul. Pada fase ini penyakit masih bisa diatasi dengan melakukan tindakan operasi.
3
Pada stadium ke 3 sel kanker serviks telah menyebar menuju bagian bawah lebih organ intim wanita lebih dari 1/3 bagiannya, atau bisa disebut juga sel kanker sudah menyebar ke daerah tulang panggul dan nampak penumpukan cairan di kedua belah ginjal yang ada dalam tubuh. Pada fase ini pengobatan yang biasa dilakukan adalah melakukan kemo radiasi pada bagian tubuh yang terkena kanker serviks.
4
Fase stadium ke 4 seluruh sel kanker telah menutupi bagian organ intim kewanitaan melebihi semua area tulang panggul serta mengalami persebaran ke bagian organ lain seperti rectum, kantong kemih dan  bahkan menjalar ke organ intim lainnya. Biasanya pada fase stadium 4, kesempatan untuk sembur dari penyakit ini sangatlah jarang. Karena tindakan operasi tidak bisa dilakukan. Langkah yang bisa hanyalah membantu untuk menunjang perpanjangan usia untuk bertahan pada penderita kanker serviks.
Dalam beberapa kasus kanker serviks tanda -  tanda awal  memang tidak bisa diketahui maka dari itu dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan salah satunya adalah melakukan tes Pap smear. Pap smear adalah skriming awal untuk mengetahui apakah ada sel yang tidak normal pada mulut rahim. Semua wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seksual wajib melakukan tes pap smear.

Tanda tanda gejala kanker seviks

  • Keputihan yang tidak normal dan berbau menyengat . keluarnya cairan keputihan yang diseratai bau yang menyengat dan diserati keluar pendarahan selain dari siklus mensturasi.
  • Berat badan turun secara dratis tanpa sebab yang jelas.
  • Merasakan nyeri ketika berhubungan seksual.
  • Merasakan nyeri di sekitar pinggul.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang terkena kanker serviks

  • Sering bergonta ganti pasangan dalam berhubungan seksual. hal ini bisa beresiko 2 kali lebih besar jika dilakukan ketika usia dibawah 18 tahun dengan bergonta ganti pasangan dan melakukan hubungan seksual dengan pasangan yang pernah memiliki banyak pasangan.
  • Melakukan  hubungan seksual diusia muda (pernikahaan pada usia muda).
  • Asap rokok adalah bahan kimia penyebab sebuah kanker yang dibawa masuk ke dalam paru paru dan mempengaruhi organ lain. Molekul berbahaya diserap melalui  paru paru dan dibawa oleh pembulu darah ke seluruh tubuh.
  • Defisiensi Zat Gizi wanita yang asupan nutrisinya tidak mencakup buah buahan dan sayu sayuran beresiko 2 -3 lebih besar terkena kanker serviks.
  • Berat badan berlebih dan kurang menjaga kebersihan pada vagina.

Cara mencegah kanker servik

  • Melakukan vaksin HPV, vaksin dianjurkan bagi setiap wanita baik yang belum melakukan seksual maupun yang sudah melakukan hubungan seksual. Bagi wanita yang sudah melakukan seksual sebelum di berikan vaksin HPV perlu dilakukan tes pap smear untuk mengetahui adakah sel kanker setelah melakukan hubungan.
  • Melakukan hubungan seksual dengan satu pasangan atau dengan cara lain yaitu melakukan hubungan seksual dengan mengunakan kondom.
  • Mengindari merokok.
  • Menjaga kebersihan ketika sedang mengalami mensturasi.
Kanker serviks masih menjadi pembunuh terbesar di Indonesia Setidaknya ada 20 wanita meningggal dalam satu jam akibat kanker serviks. Rendahnya tingkat kesadaran masyarakat untuk memeriksakan diri untuk mengantisipasi terjadinya kanker serviks, membuat tingkat kematianakibat penyakit ini di Indonesia makin terbilang tinggi.

Untuk mencegah angka kematian akibat kanker serviks ayo mulai merubah pola hidup sehat dan jangan lupa periksakan diri dengan memberikan vaksin HPV untuk terhindar dari penyakit kanker servik. Dan menghindari hal-hal yang dapat memicu terjadinya kanker serviks yang nantinya bisa  merugikan diri sendiri.

Pencegahan kanker serviks bisa dilakukan dengan cara melakukan pemeriksaan dan pengobatan yang tepat. Hal ini bisa bermanfaat  dalam membantu meringankan ataupun mematikan sel sel kanker ke arah penonaktifan sel-sel kanker. Terima kasih semoga bermanfaat.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Kenali penularan dan pencegahan kanker serviks lebih dini sebelum terlambat"


Back To Top