Sensasi pergerakan janin dalam kandungan ketika usia kehamilan berumur 4 bulan - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Sensasi pergerakan janin dalam kandungan ketika usia kehamilan berumur 4 bulan

Usia-kehamilan-berumur-4-bulan

Kehamilan merupakan sebuah anugerah yang hanya bisa dirasakan oleh kaum perempuan. Usia kehamilan sendiri dibagi dalam beberapa tahapan antara lain usia 40 hari, 2 bulan setengah, 4 bulan, usia 5 bulan, 7 bulan hingga akan menuju proses kelahiran 9 bulan 10 hari.

Ketika kandungan berusia 17-20 minggu, anda akan merasakan sebuah sensasi pergerakan janin dalam kandungan ketika usia kehamilan berumur 4 bulan. Sensasi ini begitu menegangkan karena janin akan semakin membesar dengan bentuk wajah yang mulai terbentuk dengan jelas pada bayi.

Hal ini sangatlah berbeda ketika usia kehamilan pada bulan ke-3. Biasanya ketika menginjak usia kandungan 3 bulan, pakaian yang dikenakan adalah pakaian biasa dan masih longgar. Tetapi pada usia ke 4 bulan pakaian akan terasa sesak.

Baca Juga : Latihan Olah Nafas Penting untuk Ibu Hamil

Pada fase 4 bulan ini pertumbuhan janin akan berukuran antara 12-14 cm dan dengan berat sekitar 120 hingga 140 gram. Tempurung kepala pada bayi yang terdiri dari tulang rawan sudah mulai mengeras. Saraf pada tulang belakang mulai diselubungi laposan pelindung yang disebut dengan mielin. Kelenjar keringat juga mulai berkembang pada seluruh tubuh bayi. Pada fase ini tali pusar pada bayi yang merupakan saluran sumber makanan dari ibu ke bayi menjadi kuat dan mengembang.

Kandungan pada usia 17 minggu

Ketika kandungan pada usia 17 minggu, tubuh janin bayi membesar mengikuti bentuk kepala sehingga bentuk dari bayi menjadi proporsional. Ditandai dengan adanya pertumbuhan alis dan bulu mata.  Posisi kelopak mata masih tertutup, tapi bola mata sudah bisa bergerak. Mulut pada bayi bisa bergerak membuka dan menutup. Pada masa ini jari-jari dan sidik jari pada bayi mulai terbentuk, dan posisi tangan mulai bisa mengepal. Janin pun mulai bisa berinteraksi dengan dunia luar, seperti suara manusia, suara bising, suara musik. Dan pergerakan bayi anda masih belum terasa pada usia ini. Tubuh bayi belum banyak menyimpan lemak sehingga janin bayi masih kelihatan keriput.

Usia Kandungan pada 18 minggu

Pada usia kandungan janin ketika 18 minggu, tanda-tanda yang nampak antara lain adalah :
Pembulu darah pada permukaan kulit bayi mulai nampak. Telinga bayik mulai berbentuk meski bentuknya belum sempurna. Pada masa kandungan ini jenis kelamin pada janin bisa dilihat ataupun dikenali. Pada minggu ini hingga minggu ke 20, ibu mulai bisa merasakan Sensasi pergerakan janin dalam kandungan.

Usia kandungan pada 19 minggu

Pada usia kandungan minggu ke 19, janin dapat menelan cairan ketuban kemudian organ ginjalnya memproduksi urine. Rambut dikepala mulai tumbuh, saraf untuk indera penciuman, perasa, melihat, mendengar dan menyentuk mulai terbentuk dibagian otak.


Usia Kandungan pada 20 minggu

Tubuh janin mulai dilindungi lapisan lemak bernama vernix caseosa. Lapisan ini melindungi kulit janin yang lama berada dalam cairan ketuban. Janin Anda akan lebih banyak menelan. Tubuhnya akan menyerap air dalam cairan ketuban dan mengalir ke dalam usus besar. Pada minggu ke 20, janin kurang lebih berukuran 26 cm dan berbobot 300 gram.

0 Komentar untuk "Sensasi pergerakan janin dalam kandungan ketika usia kehamilan berumur 4 bulan"


Back To Top