Beberapa penyebab terjadinya sakit perut disebelah kanan pada tubuh manusia - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Beberapa penyebab terjadinya sakit perut disebelah kanan pada tubuh manusia

beberapa penyebab terjadinya sakit perut disebelah kanan pada tubuh manusia

Perut merupakan sebuah hal vital bagi manusia. Perut merupakan tempat dimana terjadinya proses pengolahan sumber makanan yang masuk kedalam tubuh manusia. Jika terjadi gangguan pada perut maka akan bisa berakibat terganggunya proses metabolisme didalam tubuh. Oleh karena itu pandai-pandailah dalam menjaga organ vital ini. Berikut beberapa ulasan kenapa bisa sampai terjadinya gangguan perut terutama dibagian sebelah kanan pada tubuh manusia.
  • Radang usus buntu atau apendisitis. Kondisi ini terjadi ketika terjadi penyumbatan pada usus buntu akibat infeksi, sehingga terjadi pembengkakan yang perlu diatasi secepatnya. Apendisitis ditandai dengan rasa sakit perut sebelah kanan bawah yang diiringi dengan mual, muntah, dan demam.
  • Batu empedu. Batu ini terbentuk di dalam kantong empedu. Ada batu empedu kolesterol dan batu empedu pigmen yang berwarna coklat atau hitam. Batu empedu dapat menyebabkan rasa sakit pada perut sebelah kanan atas dan terasa menjalar hingga punggung bagian atas, bahu dan dada. Selain itu, bisa diiringi gejala mual dan muntah.
  • Hepatitis. Rasa sakit di bagian kanan atas perut pada penderita hepatitis C diduga berkaitan dengan meningkatnya cairan dalam perut karena kinerja hati yang menurun dan akibat gangguan dalam pencernaan lemak dari makanan. Sakit perut bisa diiringi gejala-gejala lain, seperti mual, muntah, menurunnya selera makan serta warna feses yang pucat dan urine yang berwarna keruh.
  • Kehamilan ektopik. Yaitu kehamilan yang terjadi di luar rahim, umumnya di bagian tuba fallopi. Sakit yang dirasakan adalah di bagian bawah perut sebelah kanan, tapi juga dapat terasa di bagian kiri. Rasa sakit tergantung kepada di mana posisi menempelnya sel telur yang sudah dibuahi.
  • Kista ovarium. Kista yang terbentuk di dalam rahim merupakan salah satu alasan infertilitas, selain itu dapat menyebabkan kanker ovarium. Rasa sakit yang dikeluhkan beragam, mulai dari rasa sakit tingkat menengah hingga tingkat parah pada perut sebelah kanan bagian bawah. Rasa sakit itu kemudian dapat menyebar ke perut bagian bawah dan selangkangan atau pangkal paha.
Sebenarnya masih banyak juga penyebab penyakit lain pada perut sebelah kanan ini. Tapi ulasan pada artikel lebih membahas penyakit-penyakit kronis yang sering terjadi pada perut sebelah kanan pada tubuh manusia. 

Cara Pencegahan terjadinya sakit perut sebelah kanan

Banyak sekali cara dalam mengobati sakit perut pada perut sebelah kanan ini. Tapi hal utama mendasar dalam hal pencegahan pengobatan sakit perut ini sebaiknya anda mengenali gejala-gejala yang timbul sebelumnya. Tentulah kita ketahui bahwa tidak ada akibat yang timbul tanpa adanya sebab. Begitu juga sakit perut yang terjadi pada perut sebelah kanan, anda harus mengkoreksi terlebih dahulu sebelum memvonisnya. 

Untuk membantu meringankan rasa sakit pada perut, coba lakukan dengan mengonsumsi makanan dalam porsi yang lebih kecil. Jangan sembarangan mengonsumsi obat-obatan bebas, seperti aspirin atau ibuprofen, yang justru dapat memperparah rasa sakit.
Jika sakit perut tidak mereda dan terus berkelanjutan, segera konsultasikan kepada dokter. Hindari menunda-nunda pemeriksaan.

Untuk mengatasi sakit perut sebelah kanan, maka harus dilakukan berdasarkan diagnosis yang dilakukan dokter. Jika diperlukan, dokter dapat melakukan tes berupa CT Scan dan X-ray. Mengobati sakit perut sebelah kanan juga akan tergantung pada diagnosis. Pemeriksaan fisik lengkap harus dilakukan untuk membuat diagnosa yang tepat. Pemeriksaan penunjang seperti USG dan sinar-X (rongsen) mungkin juga diperlukan untuk membuat penilaian yang lebih tepat. Setelah penyebab sakit perut sebelah kanan ditentukan, Anda akan diberitahu tentang pengobatan yang dianjurkan termasuk apakah perlu operasi atau tidak.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Beberapa penyebab terjadinya sakit perut disebelah kanan pada tubuh manusia"


Back To Top