Buah matoa buah yang kaya manfaat - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Buah matoa buah yang kaya manfaat

manfaat-buah-matoa
Sumber gambar http://dewondaru.blogspot.co.id

Tau buah matoa ? mungkin sebagian dari anda belum ada yang mengetahui buah ini. 

Buah ini adalah buah asli dari Indonesia. Iya buah ini banyak ditemukan di Indonesia bagian timur terutama Papua. 

Buah matoa adalah buah yang kaya manfaat, mulai dari bentuk, rasa, hingga bau maupun manfaatnya bagi tubuh. Sungguh luar biasa karena buah ini hanya ada Indonesia.

Buah ini terasa sangat legit teksturnya seperti buah kelengkeng dengan aroma menyengat seperti durian. Pastinya penasaran dengan buah ini, sayangnya buah ini tidak bisa ditemui dibanyak tempat. Adanya hanya di supermarket besar yang menjual buah ini.

Buah matoa tidak dijual bebas di pinggir jalan atau toko-toko buah, hal ini dikarenakan harganya yang mahal. Ketika artikel ini dibuat harga per KG buah ini adalah 150.000. 
harga-buah-matoa

Habitat Buah matoa 

Buah matoa hanya bisa dikembangkan ditempat khusus dengan kondisi tanah yang kering, tidak tergenang air seperti rawa, dan lapisan tanahnya tebal. Iklim yang yang baik untuk mengembangbiakkan pohon matoa ini adalah bercurah hujan tinggi. 

Selain kondisi lingkungan yang harus sesuai ternyata buah matoa ini hanya berbuah sekali dalam setahun. Pohon dari buah matoa ini berbunga antara Bulan Juli hingga Oktober dan baru bisa berbuah 3-4 bulan kemudian.

Pastinya sebuah hal yang wajar jika buah ini berharga mahal ketika dijual. Belum lagi ketika proses pemanennya yang memakan tenaga cukup banyak. Karena Pohonnya tinggi besar dan tinggi rata-rata dari pohon ini adalah 18 Meter dengan diameter maksimum 100cm. 

Manfaat Buah Matoa 

Selain rasanya yang manis dan legit serta baunya yang menusuk seperti durian, ternyata buah matoa ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita. Manfaat buah matoa itu antara lain sebagai berikut:

Bisa digunakan untuk mengatasi masalah penderita ambeien, mencegah hipertensi, mencegah penyakit jantung koroner, menghambat pertumbuhan dari sel tumor dan kanker yang menyerang tubuh manusia, melancarkan peredaran darah, serta baik bagi ibu hamil jika mau mengkonsumsi buah matoa ini.

Manfaat yang banyak didapatkan dari buah ini karena kandungan Vitamin C dan E yang tinggi. Serta kadar oksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.

Selain itu juga ternyata buah matoa juga bagus bagi perempuan terutama dalam proses perawatan kulit. Seperti yang kita ketahui efek dari sering mengkonsumsi buah ini bagi perempuan adalah bisa mencegah proses penuaan dini, menyamarkan garis halus keriput yang ada pada wajah. 

Membersihkan jerawat serta bekasnya sehingga bisa membuat wajah bersih dan bisa merona kembali. 

Dan manfaat lain jika sering mengkonsumsi buah matoa adalah menjaga kulit kita dari paparan radiasi sinar matahari yang bisa merusak kulit kita.

Baca juga : Buah Tin, Buah Surga

Cara pengembiakkan buah matoa

Untuk mengembang biakkan buat matoa ini bisa menggunakan metode penanaman bibit buah matoa, atau bisa menggunakan tehknik ovulasi atau penempelan pada pohon lain. Tehnik pencakokan pun bisa dilakukan pada pohon buah matoa ini. Cara pencakokannya sama seperti cara pencakokan pada tumbuhan lain

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Buah matoa buah yang kaya manfaat"


Back To Top