5 Gejala penyakit yang timbul Jika tubuh kita keseringan berada dijalan ketika mudik - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

5 Gejala penyakit yang timbul Jika tubuh kita keseringan berada dijalan ketika mudik

5-Gejala-penyakit-yang-timbul-Jika-tubuh-kita-keseringan-berada-dijalan-ketika-mudik
sumber gambar http://multimedianews.polri.go.id

Kesibukan terus menerus memaksa kita harus berada dijalan seharian. Terkadang kita harus berjibaku dengan kemacetan yang terjadi tiap hari. Apalagi dimusim mudik seperti saat ini, banyak masyarakat berbondong-bondong melakukan ritual tahunan yaitu pulang ke kampung halaman. Jalan jadi penuh sesak dan akhirnya menimbulkan kemacetan dibeberapa titik. Disatu sisi kemacetan dalam perjalanan bisa menjadi satu cerita perjalanan ketika kita mudik ke kampung halaman. Banyak cerita yang berkesan ketika kita bersama-sama pemudik lainnya mengalami kemacetan, mulai kejadian unik sampai kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan.

Namun disisi lain perjalanan waktu kita mudik bisa memicu kelelahan pada tubuh. Karena tubuh berada posisi tidak nyaman terutama bagi para pengendara motor apalagi dibonceng dibelakang. Jika kita tetap memaksa tubuh terus menerus dan tidak mengistirahatkannya maka yang akan terjadi malah tubuh bisa terkena beberapa macam gejala penyakit. Penyakit tersebut muncul karena proses kelelahan ketika kita terjebak macet dijalan. Berikut 5 ulasan gejala penyakit yang timbul ketika tubuh kita keseringan berada dijalan ketika mudik :

1. Kurangnya tidur akibat perjalanan jauh

Jika anda berada dijalan selama 45 menit ataupun bahkan lebih hal ini merupakan indikasi bahwa anda kurang tidur. Hal ini biasanya terjadi pada pemudik yang melaju kendaraanya tanpa melalui proses istirahat. Selain berbahaya bagi tubuh hal ini juga bisa mengancam keselamatan anda dijalan. Alangkah baiknya jika anda merasa lelah dan mengantuk sebaiknya anda menepi untuk mengistirahatkan tubuh.

2. Munculnya nyeri pada punggung

Sebagai pengemudi roda 2 ataupun roda 4 maupun sebagai penumpang, gejala ini umumnya muncul apabila tubuh mengalami kelelahan dan terus dipaksakan ketika melakukan perjalanan jauh untuk mudik. Duduk diam pada posisi yang tetap memberikan tekanan konstan pada tubuh dibagian tertentu, sehingga menyebabkan munculnya nyeri pada bagian tubuh. Jika hal ini dipaksakan terutama tiap hari, lama-lama bisa menyebabkan perubahan atau kelainan pada postur tubuh kita serta bisa memperburuk keluhan terutama pada bagian punggung.

3. Meningkatnya gula darah dalam tubuh

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh the American Journal of Preventive medicine menyatakan bahwa jika kita menempuh perjalanan ke tempat kerja atau tempat tujuan dalam jarak yang jauh terutama setiap hari bisa memicu peningkatan kadar gula dalam darah. Kondisi ini merupakan gejala peningkatan risiko pra diabetes. Oleh karena itu bagi anda yang melakukan perjalanan jauh dalam tradisi mudik sebaiknya jika tubuh mengalami kelelahan sebaiknya istirahat terlebih dahulu.

4.  Terjadi peningkatan kolesterol dalam darah

Perjalanan jauh apabila dilakukan tiap hari berdasarkan penelitian yang dilakukan para ahli bisa mengakibatkan naiknya kadar kolesterol dalam darah. Jika terjadi peningkatan kadar kolesterol dalam darah bisa menimbulkan gejala penyakit lain seperti penyakit serangan jantung. Hal ini tentunya berbahaya bagi tubuh kita, karena perjalanan jauh menyebabkan tubuh kita tidak bergerak terutama bagi pengendara roda 4.

5. Tekanan darah yang ada dalam tubuh meningkat

Menempuh perjalanan jauh yang dilakukan secara terus menerus terutama dalam tradisi mudik, dan terjebak kemacetan ketika berada dijalan berdasarkan penelitian beberapa ahli hal ini bisa memicu tekanan darah dalam tubuh meningkat. Apabila tekanan darah dalam tubuh meningkat maka yang akan terjadi adalah terjadinya gejala penyakit jantung dan stroke.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "5 Gejala penyakit yang timbul Jika tubuh kita keseringan berada dijalan ketika mudik"


Back To Top