Pengertian virus Ransomware dan jenisnya - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Pengertian virus Ransomware dan jenisnya

pengertian-virus-ransomware-dan-jenisnya

Pengertian dari virus Ransomware ini adalah perangkat lunak atau software berbahaya yang dirancang dan mempunyai fungsi untuk memblokir  akses ke dalam sistem komputer ataupun data yang ada dalam komputer. Virus jenis ini sangatlah berbahaya karena dia memblok, mengunci dan bahkan mengenkripsi data-data penting pada komputer yang terinfeksi. Dan file-file tersebut bahkan tidak bisa diakses oleh pemilik dari komputer yang terinfeksi. Untuk mengakses file-file atau membuka proteksi kita diwajibkan membayar sebesar 300$ bitcoin kepada sang pembuat virus.

Evolusi virus ransomware

Dari tahun ke tahun virus ini berevolusi sesuai dengan perkembangan jamannya dan selera sang kreator dari jenis virus ini. Jenis virus ini pertama kali ditemukan pada tahun 1986 dengan varian nama AIDS Trojan Aka PC Cyborg yang dibuat oleh Joseph POpp. Kemudian muncul kembali pada tahun 2005 dengan tambahan modus pemerasan kepada korban. PAda pertengahan tahun 2006 kembali muncul varian baru seperti Gpcode, TROJ.RANSOM.A, Archiveus, Krotten, Cryzip, dan MayArchive. Dengan tambahan fungsi baru yaitu mengenkripsi data dengan menggunakan skema enkripsi RSA yang lebih canggih, dengan beberapa metode key yang sulit untuk dibongkar. Tahun 2011 Ransomware worm meniru notifikasi aktifasi dari windows. Tahun 2013 berkembang lagi variant baru dari Ransomware ini yaitu Stamp.EK exploit dan X-specific yang bisa berjalan di MAC OS. Dan telah menginfeksi sebanyak 5juta komputer diseluruh dunia dalam 1 tahun. Pada tahun 2015 sampai dengan sekarang muncul banyak varian baru dari ransomware ini yang banyak menyebabkan banyak orang kehilangan data dan tidak bisa mengakses komputernya.

Jenis Ransomware

  • Ransomware yang mengenkripsi file.
Ransomware jenis ini mengenkripsi file ataupun data-data yang ada dalam komputer kita. Jenis file tersebut bisa berektensi .doc, .docx, .ppt, .pptx, .zip dan bahkan gambar pun tidak luput dari ransomware jenis ini. Dari beberapa file yang terenkripsi ketika kita buka biasanya menampilkan pesan yang intinya kita harus mentransfer beberapa $ ke kreator virus jika ingin membuka file tersebut.
  • Ransomware yang mengunci login windows
Ransomware jenis ini biasanya mengunci fungsi windows dan merubah semua password yang ada pada user windows. Intinya pun sama jika kita ingin membuka komputer tersebut kita harus menstransfer beberapa $ kepada sang kreator virus ini.
  • Ransomware yang mengunci MBR
MBR (Master Boot Record) juga tidak luput dari serangan virus ini. Fungsinya pun juga hampir mirip dengan varian virus yang sebelumnya mengunci dari MBR pada komputer
  • Ransomware yang mengenkripsi webserver
Ransomware ini menyerang webserver dan mengenkripsi beberapa file yang ada diwebserver tesebut. Terkadang juga menginfeksi CMS yang ada pada webserver tesebut untuk menyebarkan infeksinya.
  • Ransoware pada Android
Ransomware yang menyerang android pun juga ada. Biasanya virus ini berkamuflase sebagai aplikasi chat palsu. Ransomware jenis ini pun mengunci android kita, dan pada saat membuka akan muncul pesan agar mentransfer beberapa $ kepada kreator ransomware tersebut.


Tag : Tekhnologi
0 Komentar untuk "Pengertian virus Ransomware dan jenisnya"



Back To Top