Wajah Diabetes - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Wajah Diabetes

wajah-diabetes
Diabetes Melitus adalah penyakit pembunuh no 3 Di Dunia terutama di Indonesia. Ingin tahu lebih jelasnya wajah penyakit diabetes ini berikut uraiannya.

Diabetes Melitus menempati urutan ke 4 dalam ranking pembunuh manusia. Dari hasil kongres federasi international diabetes pada tahun 2003 menyatakan sekitar 194 juta orang yang ada didunia ini menderita penyakit diabetes. Di Indonesia sendiri tercatat 2,5 juta orang dan diperkirakan akan terus bertambah.

WHO telah mendefenisikan 3 jenis diabetes:
Diabetes Tipe 1.
Diabetes Tipe pertama ini biasanya terdiagnosa atau terlacak pada  usia kanak-kanak. Pada tubuh penderita tidak hanya sedikit yang menghasilkan insulin atau bahkan sama sekali tidak dapat menghasilkan insulin.

Oleh karena itu untuk bertahan hidup penderita harus mendapat suntikan insulin setiap harinya. Tanpa pengaturan harian, kondisi darurat dapat terjadi.

Diabetes Tipe 2.
Lebih umum ditemui daripada tipe 1 dan mencapai 90% atau lebih dari seluruh kasus diabetes. Biasanya terjadi pada usia dewasa.

Pada tipe2 ini, pankreas tidak cukup membuat insulin untuk menjaga level gula darah tetap normal, seringkali disebabkan tubuh tidak merespon dengan baik terhadap insulin tersebut.

Kebanyakan orang tidak menyadari telah menderita dibetes tipe2, walaupun keadaannya sudah menjadi sangat serius.

Diabetes tipe 2 sudah menjadi umum dialami didunia maupun di Indonesia, dan angkanya terus bertambah akibat gaya hidup yang tidak sehat, kegemukan dan malas berolahraga.

Baca juga :Berjuta Khasiat temulawak yang wajib diketahui

Diabetes tipe 3.
Gestational diabetes, adalah kondisi gula darah yang tinggi yang terjadi pada masa kehamilan, terjadi pada orang yang tidak menderita diabetes. Umumnya akan kembali normal setelah masa kehamilan.

Seperti yang kita ketahui, resiko diabetes disebabkan banyak faktor, faktor itu antara lain bisa dijelaskan sebagai berikut :

Dari faktor keturunan, hal ini bisa dijelaskan turunan dari ayah atau ibu, saudara laki-laki atau perempuan yang menjadi penderita diabetes.

Faktor umur  yaitu diatas umur berada di 45 tahun ke atas biasanya rentan terkena diabetes
Melahirkan bayi dengan berat lebih dari bobot 4 Kg, atau yang disebut dengan Jenis Gestational diabetes

Mengalami tekanan darah tinggi yang berkepanjangan.

Pada tubuh angka Triglycerid dan kolesterol kadarnya terlalu tinggi.

Gaya hidup modern yang banyak mengkonsumsi makanan instan. Hal ini cukup berbahaya karena dalam makanan instan mengandung zat-zat yang bisa menyebabkan diabetes.

Seorang pecandu atau perokok. Rokok selain tidak baik untuk jantung kita ternyata rokok juga bisa menyebabkan diabetes.

Baca Juga : Manfaat kangkung bagi tubuh manusia

Sering mengalami setress yang tidak terkendali. Gejala setress yang tidak mendapatkan penanganan segera bisa menyebab diabetes.

Asosiasi Diabetesi Amerika (ADA) merekomendasikan untuk melakukan pengecekan terhadap diabetes minimal setiap tiga tahun sekali bagi orang dewasa. Sedangkan bagi yang mengalami resiko tinggi terhadap penyakit diabetes disarankan untuk lebih sering melakukan pengecekan. Hal ini bisa di anjurkan mungkin dalam 1-3 bulan sekali melakukan pengecekan.

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Wajah Diabetes "


Back To Top