Tips Menyimpan Bahan Makanan dalam Kulkas - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Tips Menyimpan Bahan Makanan dalam Kulkas

Makanan menjadi salah satu kunci kesehatan. 

Kualitas makanan yang baik akan memberi jaminan kualitas kesehatan yang baik pula. Salah satu kunci memdapatkan makanan yang berkalitas adalah dengan memperhatikan cara penyimpanananya. Bila disimpan dengan baik dan benar maka jenis makanan apapun akan terjaga kualitasnya, dan akan bermanfaat bagi kesehatan ketika dikonsumsi. Oleh karena itu, cara menyimpan makanan di dalam kulkas perlu mendapat perhatian serius agar makakan yang disimpan tetap terjaga kualitasnya. Bagaimana cara menyimpan makanan dengan baik di kulkas?

Sebelum menyimpan makanan di kulkas perlu dipastikan kulkas dalam keadaan layak menjadi tempat untuk menyimpan makanan. Hal ini mencakup pengaturan suhu kulkas dan kebersihan bagian dalam kulkas. Bersihkan rak-rak, dinding, dan laci dalam kulkas dengan lap bersih dan larutan pembersih antibakteri. Kulkas juga bisa dicuci bagian-bagian kulkas yang bisa dilepas dengan sabun cuci piring cair tersebut. Pastikan pintu kulkas dapat tertutup rapat agar suhu dalam kulkas tetap stabil dan penggunaan listrik bisa lebih hemat.

Selain itu, perlu dipikirkan desain lemari es dan bagaimana setiap jengkal ruang di dalamnya bisa memuat sebanyak mungkin bahan makanan tanpa mengorbankan kinerja kulkas. Sebagian model kulkas memungkinkan pengaturan jarak antara satu rak dan rak yang lain dengan memindahkan rak ke rel lain pada dinding kulkas. Sesuaikan jarak tersebut dengan ukuran makanan yang akan Anda simpan di setiap rak.
Penataan isi kulkas juga perlu memastikan kulkas tidak penuh sesak supaya tidak memengaruhi aliran udara di dalamnya. Sisakan cukup ruang untuk melancarkan distribusi suhu ke seluruh sudut kulkas. Anda bisa menyiasatinya dengan jadwal pengosongan kulkas secara berkala untuk membuang bahan-bahan makanan yang tidak layak konsumsi.

Bila disimpan dengan cara yang benar, makanan di dalam kulkas akan bertahan lebih lama, terjaga kesegarannya, dan tidak menghalangi sirkulasi temperatur di dalamkulkas. Hal ini tentu juga tergantung pada penataan isi kulkas, kebersihan, dan perawatan kulkas secara keseluruhan. Sebesar atau sekecil apa pun kapasitas kulkas Anda, isinya perlu diatur sedemikian rupa supaya hemat tempat dan kulkas bekerja optimal. Untuk mendapatkan hasil terbaik

berikut ini tips cara menyimpan beberapa jenis makanan dalam kulkas:

1. Telur
Kalau Anda membeli telur di pasar swalayan, Anda bisa langsung menyimpan di lemari es berikut wadah bawaannya karena telurnya sudah bersih. Tetapi kalau membelinya dari pasar tradisional, cuci bersih dulu, keringkan lalu simpan dalam rak telur di kulkas. Dengan cara ini telur bisa bertahan hingga 4 minggu dari tanggal pembelian.

2. Daging Dan Ayam
Simpan daging dan ayam dalam wadah tertutup di lemari es, agar bisa digunakan hingga 3-4 hari. Jika akan diolah dalam waktu lama, bekukan daging dalam freezer. Caranya :
a. Cuci bersih daging, potong-potong, lalu masukkan dalam wadah-wadah tertutup dengan jumlah untuk sekali masak.
b. Simpan daging sapi atau unggas dalam lemari pendingin (chiller) sebelum dimasukkan ke dalam freezer, tujuannya agar udara dingin menyebar rata sampai ke dalam daging, dan menghindari pembusukkan di bagian tengah daging.
c. Untuk memudahkan pencairan daging, pindahkan daging / ayam dari freezer ke chiller semalam sebelum dimasak, sehingga daging / ayam sudah tidak membeku lagi tapi masih tetap segar.

3. Keju
Bungkus keju yang akan disimpan dalam plastik atau aluminium foil yang kedap udara agar keju bisa dipakai 2-4 bulan sejak tanggal pembelian. Jauhkan dari bahan makanan yang berbau tajam, karena keju akan mudah menyerap bau dan akan mempengaruhi rasa keju.

4. Susu Dan Yoghurt
Simpan yoghurt di chiller pada suhu 4-6 derajat Celcius, sehingga bakteri yang bermanfaat bagi pencernaan tetap hisup. Susu atau yoghurt yang sudah dibuka sebaiknya dikonsumsi 2 - 3 hari sejak tanggal dibukanya meski tertulis expired-nya masih lama.

5. Sayuran
Untuk menjaga sayuran tetap segar di lemari es, sebaiknya sayuran dicuci bersih dahulu, kemudian bungkus dengan kitchen paper, masukkan ke dalam kantong plastik lalu simpan dalam lemari es.
Brokoli bisa bertahan kesegarannya sampai 1 minggu. Kol jangan disimpan di lemari es bersama bahan makanan lainnya, karena gas dari kol dapat merusak sayuran. Tauge mudah busuk, sebelum dimasukkan lemari es, rebus, tiriskan, bungkus dengan kitchen paper, masukkan ke plastik, baru disimpan di lemari es.  Hindari mencuci jamur sebelum disimpan, karena jamur tidak tahan air. Bungkus rapat jamur dengan kitchen paper, bungkus plastik, lalu simpan dalam lemari es. Lakukan hal yang sama untuk wortel, cabe merah dan hijau.

6. Buah-Buahan
Simpan buah-buahan dalam wadah plastik yang memiliki ventilasi. Hindari menyimpan apel dalam kulkas berdekatan dengan buah dan sayuran lainnya. Apel memproduksi ethylene yang bisa membuat buah dan sayuran lainnya cepat busuk. Buah tomat yang terlalu matang bisa disegarkan kembali dengan cara direndam semalaman dalam air dingin di lemari es dengan menambahkan sedikit garam.

7. Ikan dan Seafood
Sebelum disimpan, bersihkan ikan, keluarkan isi perut dan insangnya. Bumbui dengan perasan jeruk dan air garam, diamkan 5-10 menit, tiriskan air dan darah kotornya, lalu bilas bersih di air kran. Bungkus dalam kantong plastik, lalu simpan dalam freezer. Untuk udang atau ikan teri sebaiknya kepalanya dihilangkan dahulu. (dai beberapa sumber)
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Tips Menyimpan Bahan Makanan dalam Kulkas"


Back To Top