Rambut Sehat dan Indah Alami - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Rambut Sehat dan Indah Alami

Rambut-Sehat-dan-Indah-Alami

Rambut yang sehat alami tak bisa hanya didapat dari perawatan luarnya saja. Pola hidup sehat dan diet seimbang sangat mempengaruhi kesehatan alami rambut. Para ahli meyakini bahwa diet yang sehat dengan asupan makanan yang tepat protein, zat besi, dan nutrisi lain dapat membantu meningkatkan kesehatan rambut.


Menurut para ahli kesehatan rambut, rambut sehat adalah rambut yang tumbuh dengan baik dari setiap folikel, tidak mudah pecah, tidak mudah rontok, mengkilat dan memiliki akar di kulit kepala yang sehat. Berdasarkan keterangan dari McMichael seorang pakar rambut ternama, dikutip dari WebMD menyatakan makanan yang mengandung banyak mineral dan protein dibutuhkan oleh rambut agar bisa membuat rambut tumbuh dengan sehat. Pasti anda bingung mungkin nutrisi apa saja yang dibutuhkan agar rambut tumbuh dengan sehat ? Jangan kuatir berikut akan dibahas beberapa nutrisi yang bisa membuat rambut anda sehat.

Rambut Sehat Perlu Protein

Agar rambut sehat maka tubuh harus mendapatkan diet yang sehat dan seimbang untuk memenuhi semua vitamin, mineral, dan nutrisi lain yang dibutuhkan. Nutrisi tersebut tidak semuanya dibutuhkan oleh rambut dalam proporsi yang sama. Sehelai rambut terdiri dari sebagian besar protein, yang berarti rambut membutuhkan lebih banyak protein untuk tumbuh. Ada orang yang keliru dengan mengkonsumsi tambahan kalsium. Padahal, menurut para ahli untuk tumbuh baik, rambut dan kuku memerlukan lebih banyak serat protein.

 Untuk setiap individu fase pertumbuhan untuk rambut bisa berlangsung antara 2 sampai dengan 3 tahun. Sebelum rontok dan diganti dengan rambut yang baru maka rambut terlebih dahulu memasuki fase istirahat, fase ini berlangsung selama 3 bulan. Rambut bisa memasuki fase istirahat jika ketika diet anda tidak mendapatkan asupan cukup protein, sehingga jumlah rambut tidak proporsional. Hali ini mengandung artian bahwa rambut anda mungkin terlihat kusam dan lepek.

Pada kulit kepala normal, ada sekitar 120.000-150.000 helai rambut, dan sekitar 50 sampai 100 helai bisa gugur setiap hari. Kebanyakan orang bahkan tidak menyadari jumlah ini. Apabila rambut memasuki masa istirahat disaat bersaama bisa menimbulkan kekhawatiran pada pemilik rambut, karena akan terlihat rambut rontok secara bersamaan. Masalah rambut rontok yang disebabkan karena kurangnya asupan protein masih dapat dipulihkan. Mengkonsumsi makanan yang berprotein tinggi bisa membantu proses pemulihan rambut rontok. Sumber protein ini bisa diperoleh dari tumbuhan ataupun dari protein daging. Dengan mengkonsumsi protein tersebut bisa membantu mengembalikan siklus rambut menjadi normal dan kerontokan rambut akibat siklus yang tidak normal akan berhenti.

Zat Besi dan Nutrisi lainnya

Protein bukan satu-satunya nutrisi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan rambut. Berdasarkan penuturan dari juru bicara American Dietetic Association, Christine Gerbstadt, mengungkapkan bahwa rambut juga membutuhkan nutrisi selain protein. Nutrisi itu bisa berupa magnesium, vitamin E, zat besi, selenium, tembaga dan mineral agar rambut selalu terjaga dalam keadaan baik. Nutrisi ini juga dibutuhkan untuk membantu dalam proses pembentukan rambut.

Vitamin D bagi kesehatan Rambut

Zat gizi lain yang penting bagi kesehatan rambut adalah vitamin D. Beberapa studi menunjukkan bahwa vitamin D memainkan peran penting dalam siklus rambut. Kita bisa mendapatkan vitamin D dari sinar matahari, tetapi para dermatologist tidak menyarankan kita banyak terpapar dengan sinar matahari. Makanan yang merupakan sumber vitamin D termasuk makanan yang diperkaya seperti susu, jus jeruk, dan sereal.

Apakah rambut membutuhkan suplemen?

Kekurangan vitamin akan menyebabkan rambut rontok. Semua vitamin seperti vitamin B, C, E penting untuk rambut. Akan tetapi hal ini bukanlah sebuah keharusan untuk mengkonsumsi suplemen khusus agar memperoleh rambut yang sehat. Sumber terbaik nutrisi yang dibutuhkan untuk memperoleh rambut sehat adalah dari sumber alami melalui diet yang seimbang. Jika Anda ingin menggunakan suplemen ataupun vitamin, maka sebaiknya konsultasikan  terlebih dahulu dengan dokter atau ahli gizi untuk memastikan bahwa multivitamin yang anda konsumsi tersebut baik untuk Rambut anda.

Sementara Bright Side memberi 5 tips sederhana yang dapat membuat rambut lebih indah dan sehat secara alami dan mudah sebagai berikut :

1. Memotong rambut secara teratur.
Rambut yang tidak pernah dilakukan pemotongan secara teratur akan menjadi rapuh dan tipis. Tentu saja, kamu tidak harus memotong rambut terlalu pendek kok, hanya beberapa sentimeter saja. Sebaiknya dalam sekali setiap tiga bulan dijadwalkan untuk melakukan perawatan rambut dengan mengunjungi salon ataupun penata rambut. Hal ini sebaiknya dilakukan agar terhindar dari beberapa masalah rambut semisal rambut patah-patah, ujung rambut yang kering, dan bercabang.

2. Memberinya vitamin.
Seperti yang kita ketahui makanan adalah sumber nutrisi bagi tubuh. Akan tetapi terkadang untuk perawatan rambut seringkali tidak mendapatkan zat yang benar-benar dibutuhkan dari makanan tersebut. Untuk memiliki rambut yang sehat, indah dan terawat, perlu dilakukan untuk mengkonsumsi vitamin dan beberapa pil khusus maupun suplemen yang baik untuk rambut. Agar asupan vitamin dan suplemen bisa bekerja secara maksimal, coba untuk berkonsultasi dengan dokter ataupun pakar yang ahli dalam perawatan rambut.

3. Jangan membungkus rambut dengan handuk.
Pengeringan rambut yang basah dengan membungkusnya dalam handuk mungkin sangat nyaman, tetapi metode ini cukup buruk bagi rambut kamu. Rambut basah sangat rapuh dan cenderung mudah patah. Untuk menghindari kerusakan rambut setelah mandi, gunakan handuk secukupnya tanpa harus melilitkan ke rambut basah kamu.

4. Jangan mencuci rambut dengan air panas.
Hindari mencuci rambut dengan air panas, karena hal ini bisa membuat rambut kering dan rapuh. Seperti yang kita ketahui apabila kita mencuci rambut dengan air dingin akan bisa membuat rambut menjadi halus, lentur, dan lembut.

5. Banyak minum air putih.
Minum air putih baik untuk seluruh tubuh. Karena dengan mengkonsumsi air putih yang cukup dapat mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh. Selain itu juga dengan keadaan tubuh yang baik dan terhindar dari dehidrasi karena konsumsi air putih yang cukup. Maka hal ini berbanding lurus dengan rambut yang kita miliki, apabila asupan air cukup maka rambut akan terasa lebih lembab dan lebih terjaga.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Rambut Sehat dan Indah Alami"


Back To Top