7 Langkah Rahasia Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

7 Langkah Rahasia Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat


rahasia-menjaga-jantung-tetap-sehat
Jantung merupakan komponen vital dalam tubuh manusia. Jantung harus selalu dijaga kesehatannya. Tanpa jantung tubuh tidak akan bisa hidup.

Berikut akan dijelaskan beberapa langkah bagaimana menjaga jantung anda agar tetap sehat dikala sehat maupun ketika sedang sakit.

Mungkin banyak yang menjadi tanya dan benar-benar tidak percaya, bahwa Adjie Massaid salah seorang anggota DPR. Dikabarkan meninggal karena terkena serangan jantung pada beberapa waktu yang lalu. Seperti yang kita ketahui Adjie dikenal sebagai seseorang yang sangat giat dalam berolah raga.

Terlepas dari ketetapan takdir yang ada, olahraga merupakan salah satu penyebab serangan jantung apabila terlalu berlebihan.

Dalam survey American Heart Association atau AHA, dari survey terhadap 18.000 remaja, terdapat kesimpulan 35% mengaku sudah cukup sehat.

Tapi dari 7 kriteria yang ditentukan oleh hanya 1% yang memenuhi ketentuan dari kriteria tersebut.

Apa saja 7 langkah rahasaia menjaga jantung agar tetap sehat versi AHA?


1. Tidak merokok, atau setidaknya sudah berhenti merokok selama setahun. Karena menghirup asap rokok dan merokok adalah penyebab kematian tertinggi di berbagai negara yang ada didunia.

2. Menjaga berat badan ideal, terkadang obesitas atau kelebihan berat badan bisa menyebabkan serangan jantung. Hal ini terjadi karena penumpukan kolesterol dalam aliran darah, yang berakibat tersumbatnya aliran darah ke jantung.

Baca Juga : Ternyata Wortel Bisa Jadi Obat Kuat Kaum Pria

3. Latihan dan olah raga. Dengan berolah raga secara teratur, tekanan darah akan berkurang dan meningkatkan sensitivitas insulin yang mengontrol gula darah. Berdasarkan AHA tubuh kita dalam seminggu setidaknya harus berolah raga selama 150 menit atau paling sedikit dalam seminggu 75 menit.

4. Makan makanan bergizi. Setidaknya manusia harus memakan 4,5 cangkir jus buah dan sayuran, atau bisa juga digantikan dengan 3 ons gandum per hari. Ikan bisa disajikan sebagai lauk sebagai bahan pertimbangan untuk makanan yang sehat. Hal ini dikarenakan dalam ikan terdapat zat sodium(natrium), zat ini sangat dibutuhkan oleh tubuh manusia. Manusia dalam sehari harus mencerna 1.500 miligram sodium. Dengan menjaga sodium yang masuk ke dalam tubuh, tekanan dalam darah akan berkurang.

5. Memerhatikan tekanan darah.

6. Mengontrol tingkat kolesterol dalam darah.

7. Mengontrol glukosa dalam darah.

Baca Juga : Mengatasi dan mencegah kanker dengan brokoli

Berdasarkan standart AHA tekanan darah dalam tubuh manusia harus berada di bawah 120/80mm.

Kandungan ini harus sama dengan yang dimiliki pada kolesterol yang harus dijaga pada ambang batas dibawah 200 miligram perdesiliter darah.

Hal ini berlaku juga pada gula darah yang seharusnya diperhatikan agar terus berada di bawah 100 miligram per desiliter darah.

Studi terkini menyebutkan, manusia yang menjaga ketiga hal tersebut mengurangi risiko kematian dari penyakit kardiovaskular sebanyak 70 persen sampai 85 persen.

Menjaga kesehatan jiwa dan pikiran merupakan hal yang wajib dilakukan selain tujuh hal yang sebelumnya disebutkan.

Hal ini bisa mengurangi risiko kematian yang ditimbulkan akibat serangan jantung.

Baca Juga : Mengatasi dan mencegah kanker dengan brokoli

Menurut studi yang dilakukan oleh para dokter klinik di Amerika Serikat, orang yang depresi dan memiliki penyakit jantung risiko kematiannya menjadi dua kali lipat jika dibandingkan dengan teman yang mengikuti pola hidup sehat.

Dari hasil penelitian ini terungkap bahwa sekitar 20% dari 17 juta masyarakat yang ada di Amerika Serikat, memiliki penyakit jantung akibat mengalami depresi yang cukup berat.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "7 Langkah Rahasia Menjaga Jantung Agar Tetap Sehat"


Back To Top