Manfaat buah pisang bagi tubuh manusia - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Manfaat buah pisang bagi tubuh manusia

Buah pisang memang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh terutama bagi yang sering melakukan aktifitas berat. Efek tersebut yaitu mengembalikan energi yang terbuang dan buah pisang mudah diserap oleh tubuh.
manfaat-buah-pisang

Apakah anda pernah tau dengan cerita William bersaudara ? William bersaudara adalah pemegang juara berbagai pertandingan tenis putri sedunia. 

Selain kemampuan yang mumpuni mereka berdua memiliki stamina dan tubuh yang prima yang baik. 

Seperti yang kita ketahui Williams bersaudara harus mau dan rela bertanding selama lebih dari 6 jam untuk menjadi juara.  

Jika anda benar-benar memperhatikan dengan jeli, pastinya keduanya membutuhkan asupan gizi yang baik. mereka berdua mendapatkan asupan gizi dari buah pisang. 


Kandungan gizi yang terdapat pada setiap buah pisang yang masak pohon secara umum adalah seperti berikut : protein 1,2 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 25,8 miligram (mg), kalori 99 kalori, serat 0,7 gram, Vitamin C 3 mg, air 72 gram, Vitamin B 0,08 mg, vitamin A 44 RE, fosfor 28 mg, besi 0,5 mg, kalsium 8 mg. 

Didalam buah pisang mengandung banyak sekali zat gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. 

Kandungan itu antara lain mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein, lemak, dan sebagainya. 

Apabila seseorang mengkonsumsi satu buah pisang saja maka kebutuhan tubuh untuk menghasilkan energi pastinya sudah tercukupi dengan baik gizinya.

Pilih pisang dengan kualitas terbaik sebelum anda konsumsi. Cara memilih pisang kualitas terbaik adalah yang sudah matang, kulitnya berwarna hijau kekuning-kuningan dengan tambahan bercak coklat atau berwarna kuning. 

Pisang dengan ciri-ciri seperti itu akan dapat dicerna dengan mudah, zat gula dalam pisang akan cepat diubah ke glukosa alami dan dengan cepat akan diabsorbsi ke dalam peredaran darah. Akan tetapi malah sebaliknya pisang dengan kualitas buruk atau yang mentah akan sulit dicerna oleh tubuh.

8 Manfaat Buah Pisang Bagi tubuh manusia antara lain sebagai berikut : 


1. Sebagai sumber Kekuatan Tenaga
pisang dapat dengan mudah dicerna oleh tubuh, nah didalam pisang terdapat kandungan gula alami yang nantinya bisa menjadi sumber tenaga yuang baik secara cepat, dan hal ini sangat bagus dalam pembentukan tubuh, terutama untuk kinerja otot, dan bisa untuk menghilangkan rasa lelah yang terkadang mendera tubuh.

2. Pisang bermanfaat bagi ibu hamil
Disarankan untuk wanita hamil sebaiknya mengkonsumsi pisang, karena didalamnya terdapat kandungan asam folat. Asam ini penting untuk pertumbuhan janin.

Satu buah pisang memiliki kandungan 85-100 kalori, oleh karena itu jangan berlebihan ketika mengkonsumsi pisang ini pada waktu hamil.

3. Manfaat bagi Penderita Anemia
Didalam buah pisang mengandung zat besi yang tinggi, disarankan dalam sehari maksimal mengkonsumsi dua buah pisang bagi penderita anemia.

4. Manfaat bagi Penyakit Usus dan Perut
Mengkonsumsi buah pisang bagi pasien yang mengalami sakit perut dan cholik dengan cara dicampur susu cair atau dimasukkan ke dalam segelas susu cair. 

Buah pisang yang dihidangkan bisa mengobati penyakit usus, karena pisang mengandung zat yang bisa menetralkan tingkat keasaman pada lambung. 

Pisang memiliki kandungan vitamin C, seperti yang kita ketahui vitamin C dapat meningkatkan imun dalam tubuh.

Ia mentransformasikan bacillus berbahaya menjadi bacillus yang bersahabat. 

Dengan demikian, keduanya akan tertolong. Bubur pisang atau yang biasa dikenal dengan nama pure pisang atau krim pisang, bisa dikonsumsi oleh pasien penderita diare.

5. Manfaat bagi Penderita Liver
konsumsi dua buah pisang dengan ditambahkan satu sendok makan madu baik untuk penderita penyakit lever agar bisa menambah nafsu makan.

6. Pisang bisa digunakan untuk kencantikan
Cara penggunaan pisang untuk kencantikan dengan cara sebagaimana berikut : pisang dibuat menjadi bubur dan dicampurkan dengan sedikit susu dan madu, kemudian oleskan pada wajah setiap hari secara teratur selama waktu 30-40 menit. 

kemudian basuh dengan air hangat bilas dengan air dingin atau es. Lakukan hal ini selama 15 hari, bisa menghasilkan pengaruh yang baik untuk kulit anda.

7. Pisang untuk diet dan mengatur berat badan
Pisang juga mempunyai peranan dalam penurunan berat badan seperti juga untuk menaikkan berat badan. 

Berdasarkan percobaan pada uji coba pasien bisa kehilangan berat badan dengam cara berdiet empat buah pisang dan empat buah gelas susu non fat atau yang bisa disebut dengan susu cair per hari sedikitnya 3 hari dalam seminggu. 

Jumlah kalori yang bisa diserap 1250 dan ternyata menu tersebut cukup menyehatkan bagi tubuh.

8. Pisang bisa menjadi penghasil vaksin
Tanaman buah pisang berdasarkan penelitian bisa menghasilkan vaksin yang murah dan sebagai alternatif cara untuk menguatkan pertahanan tubuh anak dari serangan berbagai macam penyakit. 

Saat ini sedang diadakan penelitian untuk buah pisang, bahwa diketahui buah pisang bisa memproduksi antigen coating Virus Hepatitis B. 

Apabila berhasil maka tentunya akan menjadi vaksin hepatitis B yang akan sangat murah bagi masyarakat. 

Sedangkan penelitian yang lain mengembangkan tanaman pisang bisa digunakan sebagai obat untuk membantu dalam proses penyembuhan dan melawan penyakit campak/cacar air, penyakit kuning, polio, dan dipteri. 

Sekarang ini, para peneliti telah mencoba pada beberapa relawan, yang dimana memperlihatkan 10 persen tekanan darah bisa turun setelah mengkonsumsi dua buah pisang untuk setiap harinya.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Manfaat buah pisang bagi tubuh manusia"


Back To Top