Mitos Jerawat Pada Wajah - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Mitos Jerawat Pada Wajah

mitos-jerawat

Jerawat seringkali diidentikan dengan masa remaja karena dikaitkan dengan perubahan hormon yang terjadi selama masa remaja. Masalah jerawat pada wajah ini dari turun temurun menyebabkan sebuah mitos.

Tetapi ternyata jerawat juga merupakan masalah bagi orang dewasa yang sebenarnya tidak mengalami perubahan hormonal lagi.

Karena beratnya permasalahan karena jerawat ini maka berkembang beberapa mitos akibat timbulnya jerawat berdasarkan keyakinan beberapa orang.

Seperti berikut mitos tentang jerawat dan beserta fakta yang menyertainya :

1. Mitos Jerawat Pertama : Makanan yang mengandung minyak dan coklat bisa menimbulkan jerawat.

Fakta : Bagi penggemar coklat ini bisa jadi merupakan kabar gembira karena beberapa penelitian menunjukkan bahwa tidak ada hubungan antara makanan tertentu dengan jerawat. Meskipun demikian bukan berarti menjadi bebas untuk makan makanan yang berminyak dan coklat. Waspadai kandungan lemak yang ada didalamnya karena dapat meningkatkan kadar kolesterol.

2. Mitos Jerawat Kedua : Kebiasaan sering membasuh muka dapat mencegah timbulnya jerawat pada wajah.

Fakta : Mencuci muka memang dapat membantu membersihkan sel kulit mati, minyak berlebih dan kotoran di kulit. Tetapi mencuci muka yang terlalu sering dapat menyebabkan kulit muka menjadi kering dan iritasi yang justru akan membuat jerawat menjadi lebih parah. Sebaiknya bersihkan wajah dengan pembersih yang lembut 2 kali sehari. Penggunaan pembersih wajah yang keras atau butiran scrub tidak dianjurkan untuk remaja yang berjerawat karena dapat membuat jerawat menjadi meradang.

3. Mitos Jerawat Ketiga : Memencet jerawat dapat membuat jerawat cepat sembuh.

Fakta : Jerawat yang dipencet meman bisa hilang secara sementara tapi hal ini malah bisa membuat jerawat bertambah parah. Hal ini karena saat memencet jerawat bakteri yang ada dapat lebih masuk kedalam kulit sehingga menyebabkan timbulnya radang. terkadang memencet jerawat bisa menimbulkan bekas luka yang sulit untuk dihilangkan pada wajah bahkan bisa menimbulkan bekas luka permanen.

4. Mitos Jerawat Keempat : Agar wajah tetap bersih dari jerawat, sebaiknya tidak menggunakan make up.

Fakta : Pemakaian kosmetik tidak perlu dihindari sama sekali, tetapi sebaiknya gunakanlah kosmetik yang berlabel non komedogenik (tidak menyebabkan komedo). Dari beberapa produk yang ada dipasaran ada sebagin yang mengandung benziol peroksida atau bisa disebut asam salisilat. Fungsi dari kedua zat ini adalah sebagai obat anti jerawat.

5. Mitos Jerawat Kelima : Penggunaan obat anti jerawat yang banyak dapat mencegah timbulnya jerawat.

Fakta : Penggunaan obat anti jerawat yang berlebihan, baik yang dioleskan tebal-tebal atau sering dipakai mungkin tidak membantu menghilangkan jerawat, malahan dapat menyebabkan timbulnya kekeringan dan iritasi pada kulit. Cukup gunakan obat jerawat tersebut sesuai aturan pakainya.

Apabila penggunaan obat-obat jerawat yang dijual bebas tidak juga membantu, dapat juga mengunjungi dokter spesialis kulit, terlebih bagi yang mengalami :

- Adanya jaringan parut bekas jerawat
- Jerawatnya seperti bisul yang besar-besar

Satu hal yang perlu dicermati jerawat bukanlah akhir dari dunia, jangan rendah diri, tetap berkarya, dan coba ubah dunia dengan wajah cantikmu.

Yang perlu diingat adalah bahwa mempunyai “jerawat” bukanlah berarti akhir dari dunia anda, tetaplah berkarya dan jangan rendah diri.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Mitos Jerawat Pada Wajah"


Back To Top