Manfaat kangkung bagi tubuh manusia - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Manfaat kangkung bagi tubuh manusia

Manfaat-kangkung-bagi-tubuh-manusia


Seperti yang kita ketahui kangkung merupakan sejenis sayuran yang baik dikonsumsi bagi tubuh manusia.

Karena didalam kangkung mengandung banyak manfaat seperti penawar racun, peringan sembelit.

Didalam kangkung banyak mengandung sejumlah vitamin penting.

Penasaran apa saja zat-zat yang terkandung dalam kangkung simak ulasan berikut ini.

Asal mula tanaman kangkung yaitu dari wilayah India kemudian menyebar melalui aliran sungai dan laut hingga sampai dengan wilayah Asia, Afrika dan Australia.

Tanaman kangkung biasanya tumbuh subru di tempat basah seperti rawa atau permukaan lumpur. Di Indonesia khususnya tanaman kangkung banyak ditemui dibibiran sungai.

Pertumbuhan tanaman kangkung sangatlah cepat, hanya dalam kurun waktu 6 minggu saja kangkung sudah siap untuk di panen.

Berbagai jenis kangkung sudah di budidayakan secara luas, yang ada di Indonesia adalah jenis kangkung darat dan kangkung air.

Kandungan zat gizi yang terdapat pada kangkung tidak kalah dengan sayuran lain.

Kandungan itu antara lain sebagai berikut vitamin A, vitamin B Kompleks, Vitamin C, Zat kalsium, zat fosfor dan zat besi terkandung dalam kangkung. Oleh karena itu, kangkung selain lezat juga menyehatkan.

Pada tanaman kangkung mengandung zat yang bersifat anti racun.

baca juga : Buah dan Sayuran Kaya Manfaat

Sehingga memiliki manfaat untuk meredakan sakit bisul dan bisa untuk perawatan kulit lainnya. Sayuran ini juga meringankan sembelit karena mengandung serat yang cukup tinggi.

Tanaman kangkung seperti yang kita ketahui banyak mengandung zat besi dengan berat kira-kira 2,5mg per 100 gram kangkung.

Zat besi ini dibutuhkan oleh tubuh untuk menambah jumlah hemoglobin pada darah serta. Selain itu juga bisa mencegah munculnya gejala anemia.

Kangkung yang diekstrakter nyata baik untuk dikonsumsi para penderita diabetes melitus.

Hal ini karena zat dalam ekstrak kangkung bisa menyerap kelebihan gula dalam darah.

selain itu, didalam kangkung juga memiliki banyak kandungan vitamin C, sehingga bisa menjadi pencegah dari penyakit influenza.

Tanaman kangkung didalamnya juga terdapat kandungan vitamin A yang sangat tinggi, yang bermanfaat dan sangat dibutuhkan untuk kesehatan mata kita.

Seperti yang kita ketahui vitamin A adalah antioksidan yang memiliki kegunaan untuk menangkal serangan radikal bebas pada kornea mata.

Tanaman kangkung juga mengandung banyak vitamin A alami, oleh karena itu jika tidak ingin menderita katarak pada mata, ataupun gangguan mata yang lain sebaiknya perbanyak mengkonsumsi tanaman ini.

Yang menarik, kangkung juga efektif untuk mengatasi insomia.

Didalam tanaman kangkung memiliki kandungan unsur sedatif yang bisa menimbulkan efek mengantuk sehingga baik untuk tubuh ketika tidur yang  menyebabkan tidur dengan pulas.

Dikarenakan ada kandungan zat selenium dan zinc dalam kangkung yang bisa membuat syaraf kendur dan rileks. Semakin rileks syaraf kita, maka tidur pun akan semakin lelap.

Disarankan bagi yang akan memulai beraktifitas sebaiknya jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi sayuran kangkung
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Manfaat kangkung bagi tubuh manusia"


Back To Top