Manfaat Serai untuk Kesehatan - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Manfaat Serai untuk Kesehatan


Manfaat-Serai-untuk-Kesehatan

Tanaman Serai

Tanaman serai atau biasa disebut sereh dikenal sebagai tanaman rempah untuk bumbu masak. Berbagai masakan menjadi lebih lezat dan ‘mantap’ apabila dilengkapi dengan bumbu batang serai. Tanaman yang memiliki nama latin Andropogon nardus ini adalah genus yang berisi sekitar 55 spesies rumput. Tanaman ini bisa tumbuh subur di cuaca hangat dan mencapai ketinggian sekitar 2 sampai 4 meter.

Di balik aromanya yang wangi ternyata tanaman ini banyak mengandung manfaat untuk kesehatan. Dalam buku Herbal Indonesia Berkhasiat, disebutkan bahwa akar, daun dan batang serai mengandung minyak atsiri yang terdiri dari sitrat, sitronelol, a-pinen, kamfen, sabinen, mirsen, limonen, terpinol, dan borneol. Selain itu, serai juga mengandung nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, asam folat, magnesium, zinc, tembaga, zat besi, fosfor, kalsium, mangan, dan beberapa mineral.

Penelitian menunjukkan bahwa serai memiliki kandungan zat anti mikroba dan anti bakteri, yang berguna untuk mengobati infeksi pada lambung, usus, saluran kemih dan luka. Serai juga efektif sebagai antiperadangan, antidepresan, antibakteri, antikanker, serta antijamur. Tidak hanya itu, serai juga digunakan untuk bahan teh herbal, diambil minyak esensialnya, dan menjadi bahan pengobatan beberapa jenis penyakit. Salah satunya adalah untuk menyembuhkan sakit flu dengan minum teh serai. Minuman segar ini dapat  membantu meringankan bengkak  kelenjar ingus di hidung, melegakan pernapasan, dan menyembuhkan flu karena vitamin C-nya yang tinggi.

Teh serai juga efektif untuk mengatasi gangguan pencernaan. Jika Anda mengalami masalah pada pencernaan seperti masuk angin, sakit perut, diare dan kram usus cobalah untuk menikmati secangkir teh serai hangat untuk menyembuhkannya. Anda juga bisa menambahkan sedikit madu pada teh serai untuk memberikan rasa manis yang nikmat. Teh serai ini juga dapat membantu mengurangi nyeri akibat haid.

Hasil penelitian juga membuktikan teh serai dapat mencegah dan mengobati kanker. Setiap 100 gram serai mengandung antioksidan yang dapat mencegah kanker. Peneliti dari University Gurion di Israel menemukan bahwa senyawa dalam serai bisa mematikan sel kanker tanpa merupak sel sehat.  Serai juga dapat menjadi media detoksifikasi tubuh karena dapat meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air kecil. Jika buang air kecil teratur maka hal ini dapat membuat organ pencernaan, hati, pankreas, ginjal dan kandung kemih lebih bersih dan sehat karena zat beracun dan asam urat sudah dibuang lewat urine. Masih banyak manfaat lain teh serai, silakan mencoba.

Selain beberapa manfaat tersebut masih ada berbagai manfaat lain dari serai, di antaranya:

1. Anti Kanker

Sebuah penelitian menemukan bahwa serai mengandung citral, salah satu zat anti-kanker yang dapat membunuh sel kanker. Namun tetap mempertahankan sel atau jaringan sehat dalam tubuh kita. Namun, ini tidak berarti bahwa minum air rebusan serai / teh sendiri akan menyembuhkan kanker secara permanen, melainkan dapat membantu.

2. Diabetes

Hasil teh serai dapat membantu untuk membersihkan / detoksifikasi pankreas dan meningkatkan fungsinya, sehingga menurunkan tingkat gula darah pada penderita diabetes.

3. Anemia

Zat besi yang terkandung dalam daun serai penting untu ksintesis hemoglobin (protein dalam sel darah merah bertanggung jawab untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh). Serai dapat membantu untuk berbagai jenis anemia, terutama yang disebabkan dari kekurangan zat besi.

4. Membersihkan Bakteri dan Infeksi Jamur

Berkat kandungan sifat anti-septik, minum teh sereh dapat membantu untuk menghilangkan mikro-organisme jahat dalam tubuh, detoksifikasi dan membersihkan darah, menghilangkan bakteri, jamur atau ragi.

5. Anti Inflamasi dan Anti Septik

Karena sifat anti-inflamasi dan anti-septik, jus serai dapat digunakan sebagai herbal penting untuk mengobati arthritis, asam urat dan radang saluran kemih.

6. Sebagai Minyak Angin

Daun Serai memiliki kandungan minyak atsiri sehingga dapat membantu dalam melakukan tindakan balsamic yang dapat digunakan dalam masalah pada saluran pernapasan. Secara umum daun serai ini dapat digunakan untuk meringankan gejala yang berhubungan dengan flu dan demam dingin seperti halnya manfaat temulawak untuk menghangatkan tubuh.

7. Detoksifikasi

Anti-oksidan, anti-septik dan efek diuretik dari serai menjadikannya herbal penting untuk dimasukkan dalam diet saat detoksifikasi. Proses ini sangat membantu untuk membersihkan dan memurnikan hati, ginjal, kandung kemih, pankreas dan meningkatkan sirkulasi darah. Efek diuretik membantu mengeluarkan racun secara efektif.

8.  Menurunkan Berat Badan

Minum teh serai membantu untuk mencairkan lemak dengan cara detoksifikasi. Efek diuretik membantu melancarkan BAB dalam volume tinggi, efektif dan cepat, mengakibatkan penurunan berat badan.

9. Insomnia

Insomnia atau sulit tidur dapat terjadi karena ketidakseimbangan zat kimia dalam tubuh ataupun gangguan saraf. Kegiatan pemurnian dan efek menenangkan dari serai membantu meningkatkan proses dan kualitas tidur.

10. Mengurangi Kolesterol

Daun Serai memiliki zat anti-kolesterol dan anti-aterosklerosis, keduanya membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari usus, serta oksidasi LDL (kolesterol jahat) dalam darah, sehingga mencegah salah satu proses awal dalam pembentukan plak aterosklerotik.(Red)
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Manfaat Serai untuk Kesehatan"


Back To Top