Manfaat daun pepaya - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Manfaat daun pepaya

manfaat-daun-pepaya


Tanaman pepaya

Siapa yang tidak tahu pepaya ? Pepaya tumbuh subur di daerah tropis terutama di negara kita. Seperti yang kita ketahui pepaya merupakan buah yang serbaguna baik keadaan matang maupun mentah. Ketika mentah kita bisa langsung memakan buahnya. Dan matang kita bisa membuatnya untuk campuran masakan ataupun sayur.

Di Indonesia tinggi pepaya bisa mencapai 30 meter. Hal ini dikarenakan tanaman pepaya sangat cocok dengan alam tropis. Berdasarkan mitos semakin tinggi pohon pepaya maka semakin baik khasiat buah ataupun daunnya bagi kesehatan.

Kebanyakan orang hanya memanfaatkan pepaya ini hanya untuk diambil buahnya ataupun daunnya untuk dibuat makanan. Padahal dibalik buah maupun daunnya mengandung bermacam-macam manfaat. Berdasarkan penelitian beberapa ahli gizi buah pepaya mengandung vitamin A. Vitamin A baik untuk kesehatan mata. Bagi penderita rabun bisa mengkonsumsi pepaya untuk mengurangi penyakit mata yang diderita. Dan tak kalah juga untuk daun pepaya mengandung vitamin A, B, C, D, E dan kalsium.

Manfaat daun pepaya

Dalam artikel ini akan dibahas lebih mengenai manfaat dari daun pepaya bagi kesehatan manusia apabila diolah dengan baik. Berikut beberapa manfaat yang dapat kita petik apabila mengkonsumsi daun pepaya :

1. Baik untuk penderita penyakit demam berdarah 

Gejala umum demam berdarah seperti munculnya ruam atau bengkak warna merah pada kulit, nyeri pada persendian, semua otot dan bahkan sakit kepala. Maka kemungkinan besar anda terkena demam berdarah. Apabila anda mengalami gejala tersebut mungkin bisa mengkonsumsi daun pepaya yang kaya akan enzin chymopapain dan papain, yang dimana kedua enzim tersebut dapat menormalkan trombosit dan mencegah kerusakan hati akibat penyakit demam berdarah.

2 sebagai obat anti kanker

Berdasarkan penelitian jus daun pepaya mengandung enziim yang dapat melawan sifat kanker ataupun tumor. Tumor atau kanker ini dapat berupa kanker pankreas, kanker payudara, kanker hati, kanker paru-paru dan kanker leher rahim. Pengobatan dengan menggunakan jus daun pepaya ini tidak memiliki efek toksin atau racun pada tubuh jadi tidak ada efek samping sama sekali.

3 Mengurangi Nyeri disaat Haid

Seperti yang kita ketahui tiap bulan wanita memiliki siklus bulanan yaitu haid. Nah pada masa haid ini sering mengalami sakit perut yang bersumber dari dekat ulu hati. Nah nyeri ini berasal dari masa haid. Sebagai obat herbal pereda nyeri haid wanita bisa mengkonsumsi daun pepaya ini, daripada memakai obat-obatan kimia yang bisa menimbulkan efek samping. Cara penyajiannya pun cukup mudah dengan cara merebus 1 daun pepaya ditambah asam jawa dan garam, kemudian campur menjadi satu ditambah dengan segelas air kemudian dididihkan. Air hasil campuran bahan tadi bisa diminum ketika datang bulan untuk mengurangi nyeri ketika haid.

4 Daun pepaya juga berfungsi menyembuhkan luka atau tukak pada lambung. 

Berdasarkan riset yang pernah dibuat dan dipublikasikan The West Indian Medical Student, manfaat dari daun pepaya dapat meningkatkan kadar atau aktivitas zat glutation peroksidase yang ada pada lambung, dan merupakan salah satu jenis antioksidan penting yang tugas utamanya menangkal radikal bebas. Hasil dari riset didapatkan obyek percobaan yang sering mengonsumsi daun pepaya memiliki hasil kadar stres oksidatif yang lebih kecil. Apabila kadar stres oksidatif ini tinggi maka dapat memuncul tukak atau luka pada lambung.

5 rahasia kecantikan dengan mengkonsumsi daun pepaya

Seperti yang kita ketahui khasiat daun pepaya memang sangat bagus untuk kesehatan kulit. Daun pepaya banyak dipakai pada produk kosmetik dikarenakan minimnya efek samping yang ditimbulkan apabila daun pepaya dicampurkan dengan bahan kosmetik. Selain itu juga daun pepaya sering digunakan dalam sejumlah campuran atau formulasi untuk perawatan rambut shamp ataupun kondisioner. Berikut beberapa penjelasan mengapa pada daun pepaya baik untuk kecantikan :

1. Pembersih kulit : 

setelah dilakukan penelitian daun pepaya mengandung senyawa karpain yang dapat menghambat mikroorganisme dan racun yang bisa merusak kulit. Egek dari penghambatan racun ini bisa membuat kulit menjadi lebih bersih dan dapat memberikan perlindungan terhadap masalah yang terjadi pada kulit sepert jerawat, bintik-bintik dan noda.

2. Kondisioner alami : 

hasil ekstrak daun pepaya sering digunakan sebagai bahan dasar dari kondisioner. Untuk membuat kondisioner ini biasanya dibuat dari campuran ekstrak daun pepaya, santan dan madu yang bisa membuat rambut menjadi berkilau. Manfaat dari kondisioner alami ini dapat membuat rambut terlihat bernyawa, serta dapat melembutkan rambut yang kasar. Terutama untuk wanita yang berambut panjang pastinya kesulitan melakukan perawatan jika hanya mengandalkan shampoo biasa.

3. Menghilangkan ketombe : 

selain dibuat untuk kondisioner, hasil ekstrak daun pepaya ini digunakan sebagai bahan dasar untuk shampo anti ketombe. Tujuan pemakaian daun pepaya ini bisa digunakan untuk pengedalian produksi serpihan ketombe pada rambut. Senyawa dari karpain yang berasal dari ekstrak daun pepaya efektif dalam menghilangkan minyak dan kotoran yang lengket pada rambut. Terutama bagi para pengedara sepeda motor atau yang sering berada diluar rumah.

Tips cara mengolah yang baik pada daun pepaya :

Seringkali kita ketahui daun pepaya itu pahit rasanya apabila dikonsumsi secara langsung, ataupun apabila kita salah mengolah maka bukannya manfaat yang baik yang kita peroleh malah bisa mengakibatkan rasa pahit yang berlebihan apabila salah dalam mengolah kulit pepaya ini. Berikut tips bagaimana menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya.

1. Daun pepaya yang sudah dibersihkan direbus dengan beberapa lembar daun jambu biji.

2. Kemudian angkat atau tiriskan bilas dengan air dan rebus kembali sampai matang. Anda akan mendapatkan rasa pahit yang ada pada daun pepaya akan hilang.

Penasaran khan? Silahkan anda mencoba tips dari kami dan semoga bermanfaat.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Manfaat daun pepaya"


Back To Top