Buah dan Sayuran Kaya Manfaat - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Buah dan Sayuran Kaya Manfaat

 
buah-dan-sayuran-kaya-manfaat

Diera yang dimana makanan banyak dicampuri dengan bahan instan. Alangkah baiknya kita mulai mencoba mengkonsumsi buah dan sayuran yang alami dan memiliki banyak manfaat. Berikut beberapa ulasan manfaat dari buah dan sayuran apabila dikonsumsi secara teratur.

 Jangan sepelekan sayuran.

Seperti yang kita ketahui beberapa jenis sayuran kaya akan manfaat dan sangat baik untuk kesehatan. Kebiasaan makan sayuran telah ada sejak jaman dahulu, bahkan jauh sebelum ada ilmu gizi yang menyatakan dengan jelas manfaat sayuran untuk kesehatan. Berdasarkan literatur dan beberapa sumber, manusia purba sudah banyak mengkonsumsi sayuran daripada daging, karena sumber makanan itu banyak tumbuh dan tersedia disekitar manusia purba. Seiring berjalannya waktu, budaya pertanian untuk menanam sayuran akhirnya dikembangkan.

Sayuran sehat untuk tubuh


Sayur-sayuran memang kaya akan vitamin, mineral dan serat, yang semuanya penting untuk diet sehat. Dari beberapa hasil riset dan penelitian yang dilakukan semakin banyak sayuran dikonsumsi maka kemampuan tubuh untuk menangkal berbagai macam penyakit akan ikut meningkat. Memakan sayuran merupakan sebuah keharusan akan efek yang ditimbulkan bagi kesehatan, karena tidak semua zat gizi yang ada produk hewani dibutuhkan oleh tubuh. Produk hewani masih perlu di kondusmsi oleh tubuh manusia tapi tidak sebesar konsumsi akan sayuran. Protein dan asam lemak juga diperlukan oleh tubuh, zat ini bisa banyak didapat dari sumber hewani. Oleh karena itu tubuh tetap memerlukan keseimbangan sayuran dan hewani agar fungsi tubuh bisa berjalan dengan baik.


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh sebuah lembaga di Amerika Serikat diketahui bahwa wanita yang sehat pada usia 40-50 tahun, ternyata memiliki sebuah kebiasaan memakan sayuran untuk setiap harinya. Sayuran yang dikonsumsi berefek dan bisa membuat tulang kuat dan jauh dari penyakit tulang yang biasanya terjadi pada rentan usia 40-50 tahun. Memakan sayuran bisa juga mencegah penyakit jantung koroner. Karena dalam sayuran mengandung vitamin C yang tinggi sehingga efektif dalam menangkal penyakit jantung koroner. Jantung yang sehat akan berfungsi dengan normal apabila diasup dengan vitamin C yang berasal dari sayuran. Kalsium adalah salah satu kandungan yang terdapat dalam sayuran hijau. Kalsium memang sangat dibutukan tubuh agar kinerja tubuh bisa bekerja dengan baik. Semakin hijau warna suatu sayuran makan berbanding lurus dengan tinggi kadar kalsiumnya. Kalsium mempunyai banyak manfaat diantaranya untuk kekuatan tulang dan gigi, membuat cepat dan mudah tidur dimalam hari dan memperkuat kinerja otot tubuh. Seperti yang kita ketahui kadar kalsium yang tinggi dengan mengkonsumsi sayuran juga bisa mencegah penyakit diabetes mellitus.


Dalam sehari paling tidak harus min 200 gram mengkonsumsi sayuran karena hal ini bisa membantu proses metabolisme dalam tubuh. Sebaiknya dalam sehari jumlah sayuran yang dikonsumsi adalah min 200 gram agar proses metabolisme dalam tubuh lancar. Sayuran tidak akan menambah berat badan secara signifikan. Bisa diambil contoh semisalnya dalam sehari kita mengkonsumsi 400 gram sayuran berat badan tidak akan naik secara signifikan seperti mengkonsumsi 400 gram daging untuk setiap harinya. Selain itu sayuran juga tidak mengandung kolesterol sehingga tidak ada resiko apapun dikonsumsi dalam jumlah besar.


Indonesia kaya akan tanaman sayuran

Sayuran di negara kita sangat beragam dan berlimpah jumlahnya. Tapi sangat disayangkan didalam masyarakat hal itu berbanding terbalik dengan sayuran dan buah-buahan yang dikonsumsi. Masih banyak masyarakat yang belum memiliki kebiasaan untuk mengonsumsi sayur dan buah setiap hari. Hasil penelitian Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas, 2010) menyatakan, masih banyak penduduk yang tidak cukup mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Berdasarkan data Riskesdas pada tahun 2013 menyebutkan bahwa, sebanyak 93,5 persen penduduk yang berusia kurang dari 10 tahun mengonsumsi sayuran dan buah-buahan tidak sesuai dengan standart anjuran dari badan kesehatan. Padahal, antara sayuran dan buah-buahan merupakan bagian penting  dalam mewujudkan gizi seimbang sesuai dengan anjuran.


Berikut ini manfaat dan khasiat beberapa jenis sayuran:

Brokoli. 

National Cancer Institute menyatakan bahwa brokoli adalah makanan nomor satu sebagai anti kanker. Didalam sayuran brokoli memiliki kandungan sulforafane sebagai zat perangsang enzim detoksifikasi tahap 2. Fungsi dari enzine ini adalah menghancurkan karsinogen dan radikal bebas sebelum menyerang sel sehat yang ada didalam tubuh.
sayuran brokoli juga memiliki kandungan zat sulforafane fungsi dari zat ini adalah merangsang produksi enzim detoksifikasi tahap 2 dalam tubuh manusia. Enzim ini menghancurkan karsinogen dan radikal bebas sebelum mereka menyerang sel sehat. Seperti yang kita ketahui sulforafane bisa didapatkan dari kangkung, kubis, kembang kol, bok choy, kubis brussel, sawi, dan lobak.

Apel. 
Apel kaya akan magnesium, silikon, besi, dan kalium. Apel mentah membantu pencernaan, pembersihan usus, dan sangat baik untuk demam dan radang. Apabila sering mengalami sembelit, mungkin dengan mengkonsumsi buah apel ketika perut kosong, bisa sebagai salah satu solusi. Karena kandungan dalam buah apel memiliki efek yaitu diuretik atau pencahar pada usus besar manusia.

Bawang putih. 

Disebut “antibiotik orang miskin” karena menjadi obat infeksi. Bawang putih juga merupakan pembersih darah yang kuat, stimulan pencernaan, diuretik, dan pembersih sistemik. Bawang putih bisa digunakan dalam membersihkan selaput lendir, paru-paru, hidung serta juga tenggorokan. Karena sifat pembersih darahnya, bawang putih bermanfaat untuk kondisi seperti tekanan darah tinggi. Bawang putih juga membantu mencegah kanker dengan mencegah pembentukan beberapa karsinogen yang merusak DNA.

Tomat.

Buah tomat memiliki banyak kandungan antara lain vitamin C, kaya serat, dan zat kalium, memiliki kandungan tinggi zat likopen, melindungi tubuh dari serangan kanker karena mengandung betakaroten dan flavanoid yang kaya akan antioksidan.

Wortel.

Wortel diketahui memiliki zat yang bisa membersihkan empedu dan zat racun yang bisa menyerang hati. Apabila dikonsumsi sebelum masak atau dalam keadaan mentah, wortel memiliki kandungan banyak vitamin dan komponen zat penting yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Juga diketahui ternyata wortel bisa menjadi obat kuat alami bagi kaum pria.

Bayam. 

Salah satu sayuran yang paling bergizi untuk sistem pencernaan dan untuk semua sel-sel otot, jaringan, dan saraf. Sayuran bayam memiliki kandungan zat besi, magnesium, kalsium, sodium dan kalium. Bayam juga memiliki zat yang bisa merangsang kontraksi otot dalam usus.

Baca Juga : Manfaat buah pisang bagi tubuh manusia

Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Buah dan Sayuran Kaya Manfaat"


Back To Top