Beras Merah Kaya Manfaat - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Beras Merah Kaya Manfaat

Beras-Merah-Kaya-Manfaat

Beras Merah

Beras merah dikenal sebagai menu berbasis karbohidrat yang lebih sehat dibandingkan beras biasa. Meskipun banyak orang menilai rasanya tidak seenak beras putih, namun sesungguhnya banyak manfaat bisa didapat dari beras merah. Oleh karena itu, para ahli nutrisi dan kalangan medis sering merekomendasikan beras merah sebagai salah satu menu diet sehat yang dapat membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan di dalam beras merah memiliki kandungan yang memiliki peranan baik bagi kesehatan diantaranya vitamin B dan vitamin E, serat, mineral, dan zat gizi lainnya.

Sumber karbohidrat kompleks dari beras merah ini, membuatnya lebih unggul. Selain itu beras merah mengandung sejumlah nutrisi lain juga terkandung di dalamnya. Setiap 1,5 cangkir /porsi beras merah dimasak memiliki, kurang dari 110 kalori. Presentasi kandungan beras merah adalah sebagai berikut: Karbohidrat: 85 % ( 8% berasal dari protein dan 7% lemak), serat: 7% (dari serat dibutuhkan untuk diet 2.000 kalori), Vitamin B: ( Sejumlah kecil thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin).  Manfaat vitamin B ini cenderung untuk bekerja bahu-membahu untuk menarik energi dari makanan di makan, selain itu mendukung proses otak dan pembentukan sel darah. Selain itu juga mengandung Magnesium, fosfor dan kalsium: untuk menjaga kesehatan tulang yang kuat, sertaKalium: untuk keseimbangan cairan dan fungsi jantung

Selain digunakan sebagai salah satu menu diet, beras merah juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit di dalam tubuh. Beras merah juga sangat efektif untuk mengatasi beberapa keluhan diantaranya; obesitas, diabetes, jantung, kolesterol dan lain-lain. Oleh karena itu, jika kita sering mengonsumsi beras putih sebagai makanan pokok, maka cobalah untuk mulai beralih mengonsumsi beras merah.

Inilah beberapa manfaat beras merah bagi kesehatan:

Menurunkan Berat Badan

Beras merah merupakan menu diet sehat yang bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan beras merah memiliki kandungan rendah kalori dan korbohidrat. Kandungan karbohidrat yang terdapat dalam beras merah berperan menyuplai energi ke dalam perut sehingga dapat membuat perut tidak mudah merasa lapar. Jika dikonsumsi secara teratur maka masalah berat badan Anda akan teratasi dengen cepat.

Mencegah Penyakit Kanker

Zat selenium serta polifenol yang terkandung di dalam beras merah memiliki manfaat untuk mencegah penyakit kanker dalam tubuh salah satunya adalah kanker usus besar. Selain itu,  kandungan serat dan antioksidan yang tinggi juga dapat membantu mencegah pertumbuhan sel kanker yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Menjaga Kesehatan Tulang

Manfaat beras merah selanjutnya adalah menjaga kesehatan tulang, hal ini dikarenakan kandungan vitamin D dan kalsium di dalam kandungan beras merah. Kedua vitamin tersebut memang sangat baik dalam menjaga kepadatan dan kesehatan tulang.

Menjaga Kesehatan Pencernaan

Kandungan serat tinggi di dalam kandungan beras merah sangat baik dalam menjaga kesehatan pencernaan. Seperti misalnya membantu melancarkan buang air besar dan mengatasi sembelit. Bukan hanya itu, kandungan serat juga sangat baik dalam menjaga dan melancarkan metabolisme dalam tubuh. Maka dari itulah mulai dari sekarang untuk dapat mengonsumsi beras merah untuk menjaga kesehatan jangka panjang.

Memproduksi sel-sel DNA

Ternyata beras merah juga bisa membantu Anda memproduksi sel-sel DNA. Manfaat beras merah untuk diet ini bisa Anda rasakan jika Anda mengonsumsi beras merah secara rutin. Namun biasanya Anda juga disarankan untuk mendampingi konsumsi beras merah dengan mengonsumsi jenis minuman jus buah.

Baik Bagi Penderita Diabetes

Bagi Anda yang memiliki penyakit diabetes, sebaiknya beralih mengonsumsi beras merah dalam menu makan sehari-hari. Karena beras memiliki kandungan rendah kalori dan tinggi serat yang tentunya sangat baik untuk menyembuhkan penyakit diabetes. Berdasarkan penelitian Amerika Serikat (AS), pemakan beras merah atau biji-bijan  gandum lainnya memperlihatkan risiko yang lebih rendah untuk terkena diabetes dibanding pemakan nasi putih.

Mencegah Terjadinya Batu Empedu

Berdasarkan hasil penelitian, bahwa makanan yang memiliki serat tinggi bisa membantu anda mencegah proses terbentuknya batu empedu. Karena serat merupakan zat yang mudah dicerna oleh tubuh, sehingga bisa membantu melarutkan makanan dan membantu pada proses pembentukan empedu sehat.

Sumber Antioksidan

Manfaat beras merah berikutnya adalah untuk mencegah tubuh dari radikal bebas. Karena dalam beras merah mengandung antioksidan yang tinggi. Sehingga beras merah sangat baik untuk dikonsumsi oleh tubuh anda.

Menghasluskan Kulit

Salah satu cara memiliki kulit yang halus, selain menggunakan buah-buahan dan sayuran. Anda bisa mengkonsumsi beras merah. Konsumsilah secara teratur, agar bisa memiliki kulit halus secara alami.
Menurunkan Kadar Kolestrol Jahat
Manfaat beras merah selanjutnya adalah untuk menurunkan kadar kolestrol yang jahat di tubuh anda. Alangkah lebih baiknya anda mengganti konsumsi beras putih dengan beras merah, agar kolestrol jahat anda segera turun. (dari beberapa sumber)
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Beras Merah Kaya Manfaat"


Back To Top