Bahaya Kegemukan - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Bahaya Kegemukan


bahaya-kegemukan


Kegemukan berdasarkan tanggapan beberapa orang bisa mengurangi kegesitan gerak tubuh dan terkadang menimbullkan kelelahan, karena beban pada kaki jadi lebih berat. Selain itu juga kegemukan terutama pada wanita banyak yang beranggapan bisa mengurangi kemolekan tubuh. Beragam masalah yang ditimbulkan karena berat badan sangat banyak jenisnya.

Berikut ini beberapa bahaya yang mungkin timbul akibat kegemukan:

1. Kulitas Hidup Lebih Buruk
Kegemukan terbukti menurunkan kualitas hidup. Berdasarkan hasil penelitian dari Metropolitan life Insurance (MLI) kepada 50.000 subject menyatakan bahwa angka kematian pria gemuk 79% lebih tinggi dari pria yang memiliki berat badan rata-rata. Sedangkan wanita gemuk yang berat badannya diatas normal 61% lebih tinggi resiko kematiannya daripada wanita yang memiliki berat badan normal.

2. Penyakit gula (diabetes mellitus)
Penelitian membuktikan, diabetes mellitus lebih banyak terdapat pada orang-orang yang gemuk dibandingkan dengan orang-orang yang tidak gemuk. Berdasarkan hasil penelitian ini banyak ditemukan sebanyak 6,7% orang-orang gemuk itu menderita diabetes mellitus, sedangkan untuk 0,95% yang menderita diabetes mellitus adalah orang-orang yang tidak mengalami obesitas atau kegemukan.

3. Penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi)
Penelitian terhadap 74.000 karyawan di Amerika menunjukkan, terdapat hubungan antara bertambah beratnya badan dengan tekanan darah tinggi. Setiap kali terjadi penurunan 2 kg dari berat badan dapat menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 2,5 mm Hg dan tekanan darah diastolic sebesar 1,5 mm Hg. Penyebab kenaikan tekanan darah ini tidak diketahui dengan pasti, tetapi beberapa ahli mengatakan bahwa pada orang gemuk terdapat peningkatan jumlah darah yang beredar sehingga tekanan darah meningkat.


4. Penyakit jantung
Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli, menyatakan bahwa kelebihan berat badan bisa menyebabkan seseorang rentan terkena penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal. Jenis penyakit jantung yang sering terjadi yaitu aterosklerosis (penyempitan pembuluh darah). Pada orang yang menderita kegemukan maka kinerja pada jantung akan lebih besar sehingga menyebabkan pembengkakan pada jantung dan jantung pun menjadi lemah. Jika ingin kinerja jantung menjadi normal maka diperlukan penurunan berat badan menjadi normal.

5. Penyakit-penyakit lain
Efek dari kegemukan pada wanita ini bisa menyebabkan beberapa penyakit diantaranya adalah,
Masih banyak penyakit akibat kegemukanpada wanita, misalnya: keracunan kehamilan, kelainan haid dan kemandulan, hernia, keputihan, sering terjadi juga penyakit batu empedu, pada pria gangguan pernapasan rematik, varices, dan penyakit kulit di lipatan paha dan payudara.


Selain berbagai gangguan kesehatan tersebut, kegemukan juga membawa dampak spesifik pada penderitanya:

1. Gangguan pernapasan.
Penderita kegemukan dalam hal bernafas terkadang mengalami kesulitan, sangat pendek dan kadang tersengal-sengal. Kondisi ini disebabkan karenan tumpukan lemak pada daerah dada dan leher yang membuat penderitanya sangat kesulitan ketika akan mengambil atau mengeluarkan udara untuk bernapas.

2. Rasa nyeri pada persendian lutut.
Obesitas atau kegemukan adalah keadaan dimana berat tubuh yang berlebih. hal ini bisa berimbas bisa menimbulkan rasa nyeri pada persendian dan otot-otot kaki. Rasa nyeri ini timbul karena kaki tidak kuat menopang berat tubuh yang berlebih. Untuk kondisi tertentu, nyeri yang tak kunjung sembuh bisa membuat postur tubuh menjadi rusak.Hal ini dikarenakan faktor kelebihan berat badan yang memberikan tekanan atau menjadi beban bagi lutut dan pergelangan kaki.

3. Permasalahan pada kulit.
Obesitas atau kegemukan bisa juga menimbulkan berbagai permasalahan penyakit, terutama pada kulit. Hal ini bisa terjadi karena adanya perubahan pada hormon. Timbunan lemak pada kulit bisa membuat kulit menjadi lebih lebar sehingga dikulit muncul garis-garis halus. Dilipatan lemak pada kulit bisa menjadi tempat berkembang biaknya jamur dan bakteri, hal ini bisa memacu terjadinya infeksi dan gatal-gatal pada kulit tadi.

4. Depresi pada wanita.
Bahaya kegemukan atau obesitas bagi kesehatan bagi penderitanya biasanya seperti berikut : Umumnya muncul perasaan stress pada wanit yang bertubuh gemuk. Wanita yang tidak bertubuh gemuk pun juga mengalami depresi atau setress, mereka merasa berat badannya terlalu berlebih padahal tidak. Depresi dan setress ini timbul karena rasa malu yang bercampur dengan perasaan rendah diri. Oleh karena itu disarangkan bagi wanita jangan terlalu memikirkan masalah berat badan ini. Selain tidak baik untuk pikiran, tubuh yang terkena setress bisa terjangkit banyak penyakit.

5. Asam lambung naik.
Asam lambung bisa naik ke kerongkongan akibat kelebihan berat badan. Hal ini terjadi karena ada tekanan dari perut yang berlapis lemak menekan lambung hingga asam lambung dari perut ini naik ke kerongkongan. Kondisi seperti ini akan memberikan sensasi terbakar bagi penderitanya, dan juga akan memberikan rasa sakit serta tekanan di sekitar daerah leher dan dada.

6. Sakit punggung.
 Penderita obesitas biasanya mengalami sakit punggung yang sering. Kondisi ini disebabkan oleh timbunan lemak yang menjadi beban berlebih bagi tulang belakang. Terkadang rasa sakit dan biasanya ada rasa nyeri pada punggung bisa mengakibatkan terjadinya patah tulang karena beban timbunan lemak ini.

7. Mendengkur.
Mendengkur adalah salah gangguan tidur yang sering menyerang bagi para penderita obesitas. Hal ini disebabkan karena jaringan lemak yang berlebih pada tubuh sehingga membuat orang gemuk mudah mendengkur saat tidur.

8. Datang bulan tidak teratur.
Bagi wanita, bahaya obesitas atau kegemukan ini terkadang datang bulan jadi tidak teratur. Hal ini terjadi karena hormon tidak seimbang. Ketidak seimbangan hormon sendiri terkadang dipicu karena kondisi kegemukan. lemak berlebih yang menempel pada tubuh bisa mempengaruhi kerja hormon sehingga akhirnya tidak bisa berfungsi dengan normal.

9. Tekanan darah meningkat.
Meningkatnya tekanan darah atau sering juga disebut hipertensi merupakan masalah yang sangat serius bagi para penderita obesitas. Hipertensi sering menjadi penyebab utama bagi penderita obesitas sehingga lebih beresiko untuk menderita penyakit jantung.

10. Varises.
Seperti yang kita ketahui varises merupakan penyakit yang bisa terjadi saat vena menjadi lebar disebabkan karena dinding pembuluh darah melemah. Gejala varises biasa ditandai dengan munculnya gumpalan darah yang warnanya biru atau ungu. Seperti yang kita ketahui varises biasanya karena faktor keturunan, tapi karena obesitas biasanya penyakit ini bisa muncul.

Tips Mengurangi Kegemukan

Anda yang sudah merasa gemuk hendaknya perlu waspada. Rencanakan suatu pola penurunan berat badan secara terencana dan sesuai dengan segi-segi kesehatan. Beberapa latihan fisik untuk mengurangi kegemukan harus dilakukan. Latihan fisik ini bisa berupa olahraga, fungsi dari olahraga ini adalah membakar energi dan lemak yang menumpuk didalm badan.
Kegiatan fisik ini hendaknya secara bertahap dan terencana.  Untuk ini diperlukan motivasi yang tinggi untuk mengubah cara hidup dari kurang bergerak ke dalam kondisi yang senantiasa melakukan kegiatan fisik secara berkesinambungan.Penurunan berat badan yang perlahan dan stabil lebih ideal daripada penurunan yang cepat, karena biasanya menimbulkan keluhan yang bermacam-macam seperti pusing, berkunang-kunang, lesu dan tidak berkonsentrasi.

Dari segi makanan hendaknya mengurangi atau bahkan menghindari makanan yang berlemak, begitu juga makanan yang manis-manis. Makanan sumber lemak tinggi banyak terdapat pada makanan fast foot, soto babat, jeroan, dan lain-lain yang memiliki kontribusi terhadap kegemukan. Sangat dianjurkan mengkonsumsi makanan berserat tinggi. Serat makanan yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti sayuran dan buah-buahan mempunyai efek mengenyangkan dan relatif rendah kalori tetapi kaya vitamin dan mineral.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Bahaya Kegemukan"


Back To Top