Pengertian dan penjelasan penyakit diabetes - Blog Informasi | Berbagi semua informasi terkini

Pengertian dan penjelasan penyakit diabetes

apa-itu-diabetes

Di era modern ini banyak sekali orang terserang diabetes. Mungkin bagi sebagian orang ada yang mengerti atau pun paham tentang penyakit ini.

Tapi sebagian besar banyak yang tidak paham akan pengertian dan penjelasan dari penyakit ini serta bahaya yang menyerang bagi penderita diabetes.

Berikut seklumit peengertian dan penjelasa dari penyakit diabetes yang menyerang sebagian besar manusia di era modern.

Penyakit Diabetes Mellitus (DM) memiliki artian dalam bahasa yunani yaitu diabainein. Dalam artian sebenarnya diabetes berarti "tembus" atau bisa juga disebut "pancuran air". Sedangkan kata latin Mellitus yang memiliki makna berarti "rasa manis".

Sedangkan di Indonesia Diabetes Mellitus sering dikenal sebagai penyakit kencing manis. Diabetes Mellitus merupakan penyakit yang ditandai dengan gejala peningkatan kadar gula dalam darah (hiperglisemia) yang terjadi secara terus-menerus dan bervariasi, terutama setelah kita makan.

Baca juga :9 Makanan Lezat Bagi Penderita Diabetes

Ada juga yang menyebutkan bahwa diabetes mellitus adalah keadaan hiperglikemia kronik disertai berbagai kelainan metabolik akibat gangguan hormonal, yang menimbulkan berbagai komplikasi kronik pada mata, ginjal, dan pembuluh darah, disertai kelainan pada membran basalis dalam pemeriksaan dengan mikroskop elektron.

Semua jenis diabetes mellitus memiliki gejala yang mirip dan komplikatif pada tingkat lanjut. Hiperglisemia sendiri dapat menyebabkan dehidrasi dan ketoasidosis.

Komplikasi jangka lama termasuk penyakit kardiovaskular (risiko ganda), kegagalan kronis ginjal (penyebab utama dialisis), kerusakan retina yang dapat menyebabkan kebutaan, serta kerusakan saraf yang dapat menyebabkan impotensi dan gangren dengan risiko amputasi.

Komplikasi penyakit pada penderita diabetes akan lebih banyak apabila kontrol kadar gula dalam darah buruk. Penderita diabetes memiliki kadar gula darah yang tinggi. Ini disebabkan karena pankreas tidak dapat memproduksi insulin ataupun otot, lemak dan sel-sel hati tidak merespon insulin secara normal.

Dalam bukunya Mistra menggambarkan 3 jurus bagaimana melawan Diabetes Mellitus. Mistra menganalogikan hormon insulin sebagai sopir angkutam umum sebuah kota. Jika para supir angkutan kota mogok massal, orang-orang akan berkumpul di tepi jalan menanti jasa angkutan. Orang-orang (calon penumpang) ini diibaratkan sebagai gula dalam darah. Jika hormon insulin tidak ada atau sedikit jumlahnya maka gula yang ada dalam darah tidak dapat terangkut sehingga menyebar di seluruh pembuluh darah.

Baca juga :Kacang Penurun Gula Darah

Secara umum, asupan gula dalam darah disimpan dalam hati. Di sini diolah menjadi glikogen. Jika tubuh memerlukan glikogen hati akan mengeluarkan dan mengolah kembali menjadi glukosa. Bagi sebagian besar orang normal, sebanyak apapun mengkonsumsi gula tidak akan mengganggu fungsi organ tubuh.

Namun, tidak demikian bagi diabetes. Jika buang air kecil, airnya agak kental dan terasa manis. Ini disebabkan banyaknya gula yang berada dalam darah. Gula tersebut dibersihkan dan dikumpulkan dalam kandung kemih oleh ginjal.
Tag : Kesehatan
0 Komentar untuk "Pengertian dan penjelasan penyakit diabetes"


Back To Top